Blog Sederhana

Monday, January 8, 2018

Perbedaan Blogspot dengan Wordpress

Perbedaan Blogspot dengan Wordpress

Untuk kalian yang ingin membangun sebuah blog atau website baik dari Blogspot atau Wordpress, maka perhatikan terlebih dahulu perbedaann-perbedaanya di sini.

Perbedaan Blogspot dengan Wordpress


1. Domain

Untuk penggunaan domain, sudah jelas Blogspot menggunakan domain .blogspot.com, dan wordpress menggunakan wordpress.com.

Namun, untuk menggunakan custom domain, Blogspot lebih murah, karena tanpa membeli paket hosting, Blogspot masih bisa menggunakan Blogspot dari Google sebagai servernya. Sedangkan Wordpress harus membeli paket hosting, dan sudah tentu biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal.

Akan tetapi, sebenarnya ada juga paket hosting yang gratis, tapi Anda tahu sendiri lah yang gratis sudah pasti fiturnya tidak besar dan mudah terkena banned.

2. Template

Wordpress dan Blogspot tentu saja sama-sama memiliki template, namun pada Blogspot templatenya memiliki ekstensi .html, sedangkan untuk Wordpress memiliki ekstensi .php.

3. Plugin

Plugin hanya dimiliki oleh Wordpress, dengan kata lain, Blogspot tidak memiliki plugins. Sehingga Wordpress memiliki dukungan bantuan yang sangat banyak.

Plugins itu akan secara otomatis berjalan dengan baik ketika sudah diaktifkan oleh adminnya.

4. Dari Segi Ribetnya

Blogspot lebih ribet, karena tidak ada dukungan bantuan (plugin) yang disediakan. Jadi ketika ingin membuat meta tag SEO, maka Blogspot harus mengedit sendiri pada bagian template. Sedangkan untuk Wordpress, bisa langsung menggunakan plugin SEO.

Kemudian, untuk cara penggunaannya lebih mudah menggunakan Blogspot, karena Blogspot lebih user friendly. Semuanya sudah tertata dengan jelas sehingga admin Blogspot lebih mudah untuk memahaminnya.

5. Wordpress memiliki Featured Image, sedangkan Blogspot tidak memilikinya. Featured Image adalah gambar yang ada di bagian atas postingan. Sehingga terlihat lebih professional.

6. Blogspot lebih didukung oleh Google Adsense. Karena, Blogspot itu sendiri adalah kepunyaan Google. Bahkan Blogspot memiliki widget yang bisa digunakan langsung untuk memasang iklan Adsense.

7. Wordpress bisa mengimport konten yang terdapat di engine Blogspot. Sedangkan, Blogspot tidak dapat mengimport konten yang ada di engine Wordpress.

8. Jika Anda pertama kali membuat Website dari Blogspot, maka Anda tidak akan disuguhi beberapa domain berbayar. Sedangkan pada Wordpress, Anda akan ditanyakan apakah Anda ingin membeli domain berbayar pada saat itu juga atau tidak.

9. Untuk mendesain template lebih leluasa Wordpress. Sehingga kebanyak website yang terbuat dari Wordpress desainnya akan terlihat lebih bagus dari Blogspot.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel