Blog Sederhana

Tuesday, January 9, 2018

pengertian kabel coaxial Dan Kegunaan Kabel Coaxial

Retno DJ

Pengertian Kabel Coaxial dalam Jaringan Komputer

Kabel ini yaitu merupakan kabel Coaxial adalah kabel jaringan yang terbungkus dengan metal lembut/lembek. Dalam instalasi jaringan yang menggunakan kabel coaxial cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan kabel UTP yang biasanya.  Namun kecepatan akes pada kabel tentu lebih lambat jika kita menggunakan kabel jenis UTP oleh sebab itu kebanyakan orang lebih memilih kabel jenis coaxial ketimbang kabel UTP alasan itulah kebanyan orang enggan untuk menggunakan kabel UTP.

Kelebihan dari kabel coaxial ini lebih efisien jika digunakan dalam system jaringan dengan kapasitas yang sedikit, dikarenakan pada kecepatan aksesnya. dan  tidak memungkinkan untuk digunkan pada jaringan dengan kapasitas besar.


Kabel Coaxial serta Fungsi dalam Jaringan Komputer

Fungsi dari kabel coaxial dalam jaringan komputer yaitu digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat didalam jaringan komputer, sebagai contoh menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Jaringan nirkabel ini tidak digunakan dalam Topologi Star. Sebab, jaraingan dengan topologi Star umumnya menggunakan kabel UTP sebagai media transmisinya.

Jika menggunakan kabel coaxial maka topologi yang digunakan adalah topologi Bus yang pada titik percabangannya menggunkan tambahan Tconector dan juga menggunakan konektor BNC untuk koneksi tiap node-nya.

Kegunaan  kabel coaxial pada jaringan

penggunaan kabel coaxial ini memilikifungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang ada didalam jaringan komputer, sebagai contoh untuk menghubungkan komputer satu dan yang lainnya.

Kabel coaxial memiliki 2 bagian yang dibungkus oleh dua tingkat isolasi. Pada tingkat isolasi yang pertama ialah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga, pada tingkat pertama ini berfungsi melindungi oleh serabut-serabut konduktor yang menutup bagian atasnya, hal ini juga berfungsi untuk melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Dan pada pelapis tengahnya dilindungi dengan dengan penutup dengan plastik sebagai pelindung akhir berfungsi untuk menghindari dari goresan kabel. Berikut adalah Fungsi dari bagian kabel Coaxial:

Fungsi dari bagian kabel Coaxial

1. Konduktor

Konduktor ini merupakan inti dari kabel yang memiliki fungsi sebagai lalulintas data dalam jaringan komputer.

2. Grounding

Grounding adalah kabel berserabut yang dipilin secara menyilang dan juga mengelilit pada isolator dalam.. Pada bagian kabel grounding ini berfungsi untuk mengantisipasi pengaruh interferensi listrik yang tidak diinginkan.

3. Isolator Dalam

Isolator Dalam memiliki fungsi kabel yang juga berfungsi untuk melindungi atau sebagai pelindung daripada bagian konduktor Luar

4. Isolator Luar

Isolator luar yang merupakan salah satu bagian kabel yang terletak pada kulit luar dengan memiliki fungsi sebagai jaket atau pelindung kabel secara keseluruhan.
cabel coaxial

Kelebihan fan Kekurangan Kabel Coaxial

Adapun kelebihan dan kekurangan kabel coaxial ini adalah meliputi sebagai berikut:

Kelebihan Menggunakan Kabel Coaxial
  • Harga yang terjangkau/murah
  • Jarak Jangkauan menggunakan kabel Coaxial cukup jauh
  • Dapat digunakan untuk menyalurkan informasi hingga mencapai  900 kanal telepon
  • Karena menggunakan penutup Isolasi maka kecil kemungkinan terjadi interferensi dengan sistem lainnya.

Kekurangan menggunakan Kabel Coaxial

  • Rumit dalam melakukan instalasi
  • Mempunyai redaman yang relatif besar, sehingga jika berhubungan jauh harus memasang repeater-repeater sebagai alat penguat sinyal
  • Jika pemasangan diatas tanah, memiiki rawan terhadao pangguan-gangguan secarafisik yang dapat berakibat putusnya hubungan.


0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel