Blog Sederhana

Wednesday, January 10, 2018

Cara Membedakan Telur Asin yang Palsu dan yang asli Berkualitas

Retno DJ

Cara Membedakan Telur Asin yang Palsu dan yang asli Berkualitas

Telur asin memanglah banyak kita jumpai bahkan disisilain telur asin juga biasa dijadikan sebagai alternatif lauk pauk pada sebagian orang. Telur asin yang mengandung sumber protein yang menjadi nutrisi penting bagi tubuh kita ini.

Sayangnya tak sedikit juga oknum yang dengan sengaja maupun tak bertanggung jawab dengan memalsukan telur asin demi meraih keuntungan yang sebanyak-banyak dan sebesar-besarnya, sebagian dari kita mungkin mengalami atau bahkan tidak mengetahui saat memakan, membeli telur asin yang ternyata adalah telur asin palsu.

Jika anda adalah bagian dari penggemar telur asin, tentu ada hal yang perlu anda ketahui dan juga ekstra berhati hati dalam memilih telur asin yang sesuai serta keasliannya. Secara fisik dapat kita kenali dengan perubahan corak warna pada cangkang telur penampilan dari keduanya juga tidak jauh berbeda. Namun, agar kita bisa jeli pada telur asin memiliki perbedaan yang mencolok, simak berikut Cara Membedakan Telur Asin yang Palsu dan yang asli Berkualitas.
Cara Membedakan Telur Asin yang Palsu dan yang asli Berkualitas

Perbedaan Telur asin yang palsu dan yang asli

1. Segi Harga

Dari segi harga mungkin banyak orang juga yang sangat tergiur dengan harga yang miring atau murah, terutama jika kita memiliki budget belanja yang terbatas. Apalagi jika seperti mahasiswa, pasti akan lebih mudah terpengaruh, tertipu dengan harga telur asin yang murah. Jadi, inilah sebagian dari salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan mana telur asin yang asli dan juga telur asin yang palsu. Tentunya, telur asin yang palsu memiliki harga yang jauh lebih murah dengan harga yang miring, sehingga kita dengan mudah tertarik karena harga yang murah tersebut. Beda halnya dengan telur asin yang asli serta berkualitas tentu memiliki harga yang cukp bebrbeda dengan harga telur asin yang palsu, hal ini dikarenakan pada pengolahan telur asin yang asli yang menjaga keaslianya memiliki proses saat pembuatan telur asin. Dari poinpertama ini sudahlah tampak jelas karena telur asin memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau.

2. Segi Warna Cangkang Telur Asin

Umumnya telur asin yang palsu memiliki corak pada cangkang telur asin yang mencolok terang. Silahkan jika anda ingin membedakan bisa dilakukan di rumah atas perbedaan antara telur asin yang asli dan yang palsu. Warna cangkang pada kulit telur asin yang masuk dalam golongan palsu sering terlihan bahwa tidak meratanya corak, warna dsb serta memiliki belah keputihan dan terkadang pula  memiliki waena jauh lebih terang dibandingkan warna pada telur asin yang asli. Sedangkan pada telur asin yang asli memiliki warna corak biru cerah dan juga terlihat bersih tanpa ada bercak-bercak pada cangkang telur asin.

3. Perubahan Warna Pada kuning Telur Asin

Jika anda masih kurang yakin dengan poin pertama yaitu segi harga dan anda juga belum yakin dengan poin dua, anda bisa membelah telur asin dan amati baik-baik lihat apa perbedaan kuning telur asin yang palsu dan kuning telur asin yang asli. Pada umumnya pada kuning telur asin yang asli memiliki corak warna keputihan serta seperti pucat, hal ini dikarenakan pelaku menggunakan pewarna untuk menyulap telur asin ayam menjadi telur bebek. Kuning telur asin yang asli memiliki warna kuning pucat atau orange.

4. Aroma Pada Telur Asin Asli dan Palsu

Berikut sedikit tips untuk anda bisa coba dirumah, yaitu dengan cara menghirup bau pada telur asin yang anda sudah beli. Jika pada telur asin yang anda beli berbau amis, yang aritinya bahwa telur asin tersebut sudah sangat tepat (telur asin asli). Dan jika anda merasakan aropa yang mungkin aneh bahkan berbeda, beraroma bahan kimia, tidak sedap, berbeda dengan yang asli cenderung amis, sebaiknya telur asin tersebut jangan di konsumsi. sebab telur asin yang palsu cenderung memiliki aroma bahan kimia.

5. Menggosok Telur Asin Menggunakan Cairan Pemutih Baju

Nah pada tahap terakhir cara yang paling ampuh untuk membedakan telur asin asli dan yang palsu yaitu denganmenggunakan cairan pemutih baju. Pada trik ini sangat jitu dapat anda lakukan untuk menandai oleh penjual yang nakal. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengosok-goosokkan pada kuit telur asin yang anda sudah beli dengan menggunakan cairan pemutih pakain. Jika pada warna kulit telur memudardan berubah warna menjadi kecoklatan, sudah dapat kita pastikan bahwa telur asin tersebut adalah telur asin palsu. 

Itulah sedikit pengetahuan buat kita agar kita sebagai penggemar telur asin dengan sedikit tips Cara Membedakan Telur Asin yang Palsu dan yang asli Berkualitas dapat membekali kita untuk membedakan telur asin yang asli dan yang palsu agar kita tidak tertipu.
Loading...

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel