Blog Sederhana

Friday, November 24, 2017

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina - Burung kicau yang lagi trend musim ini adalah Cucak Jenggot (CJ) atau di sebut juga Kores. Burung Cucak Jenggot (Kores)adalah burung ocehan yang begitu banyak penggemarnya. Dengan suara yang keras dan bukan sepenuhnya jenis burung petarung menjadi karakter tersendiri yang dimiliki oleh burung ocehan ini. Burung Cucak Jenggot mempunyai nama latin Alophoxius Bres dan habitat aslinya ialah di hutan. Untuk makanan favoritnya yang tak boleh dilupakan ialah buah-buahan karena burung Cucak Jenggot saat berada di alam liar makanannya tak lepas dari buah-buahan setiap harinya, buah-buahan tersebut di antarnya pisang, apel, pepaya dan buah lainnya.

Bagi anda yang tertarik untuk mengembangbiakan Burung Cucak Jenggot, tentu anda membutuhkan sepasang jantan dan betina untuk dijadikan sebagai induk burung yang akan di kembang biakan. Namun, sebagai burung monomorfik atau burung yang susah dibedakan antara burung jantan dan betina, anda membutuhkan keahlian khusus atau kejelian dalam memilih dan melihat ciri-ciri burung jantan dan betina.

Cucak jenggot jantan dan betina sekilas memang mirip, tetapi bagi para pemula tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk membedakan CJ jantan dan betina. Maka jika anda meras kurang yakin dengan kelamin CJ saat mau membeli, ajaklah teman yang sudah berpengalaman. Dan untuk mengurangi ketidaktahuan kita akan jenis kelamin cucak jenggot, kami akan berbagi informasi untuk kita semua. Ya, kami akan berbagi informasi mengenai ciri-ciri cucak jenggot jantan dan betina.

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Perbedaan Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Ciri-Ciri Burung Cucak Jenggot Jantan

  1. Memiliki suara kicauan yang bervariasi dan tidak monoton.
  2. Pada cucak jenggot jantan, di bagian dadanya didominasi bulu yang berwarna kuning. Ini adalah hal yang paling mudah untuk dicermati.
  3. Memiliki bentuk fisik yang simetris/balance. Artinya dari kepala sampai ekor terlihat panjang dan ideal.
  4. Pada saat didekatkan dengan burung lain/diadu, CJ jantan tidak menggetarkan sayapnya.

Ciri-Ciri Burung Cucak Jenggot Betina

  1. Memiliki suara kicauan yang monoton/tidak bervariasi.
  2. Pada cucak jenggot betina, di bagian dadanya didominasi bulu yang berwarna putih.
  3. Memiliki bentuk fisik yang terlihat bulat/tidak simetris. Artinya dari kepala sampai ekor terlihat pendek dan cenderung bulat/nyempluk.
  4. Pada saat didekatkan dengan burung lain/diadu, CJ betina akan menggetarkan sayapnya.
  5. Cucak jenggot betina akan bertelur pada usia sekitar 8 bulan.
Mungkin hanya itu penjelasan tentang cara membedakan burung cucak jenggot jantan & betina.Untuk musim ini di daerah saya (Ciamis - Jawa Barat) burung ini lagi naek daun/trend di tiap perlombaan (Kontes) semua penggemar burung kicau banyak yang membawa Cucak Jenggot. Burung Cucak (Cucak Jenggot dan Cucak Ijo) sedang musim di kalangan penghobies kicau mania. Harga yang masuk juara 3 besar pun bisa menyampai jutaan. Apalagi kalau burung tersebut ada isian misalnya suara burung gereja tarung dan mental tarung bagus, tidak susah untuk menjualnya. Mungkin itu sedikit info saja.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel