Blog Sederhana

Friday, November 24, 2017

Perbedaan antara DVD dan VCD

DVD (digital versatile discs) adalah perangkat penyimpanan yang menggunakan teknologi optik atau laser untuk menyimpan video atau data lain.


VCD (video compact disc) adalah sebuah media rekam yang berfungsi menyimpan data/informasi berupa suara,tulisan, dan video.

VCD

DVD dan VCD sama-sama sebagai alat penyimpan yang sekarang sudah terkalahkan dengan teknologi yang bernama hardisk, flashdisk, dll. Akan tetapi, tak jarang juga orang yang masih menggunakan teknologi DVD dan VCD untuk menyimpan seberkas data-data penting.




Perbedaan antara DVD dan VCD adalah :

Panjang gelombang yang ada di sinar laser merah VCD adalah 780nm. Sedangkan panjang gelombang yang ada di sinar laser merah DVD adalah 650nm.

Lapisan data VCD terletak di bawah dan bersentuhan langsung dengan label. Sedangkan lapisan data yang ada di DVD terletak di tengah-tengah keping. Hal ini mengakibatkan, data yang ada di VCD bisa hilang bila label yang ada di VCD terkelupas oleh goresan tangan ataupun benda lainnya.

Pengkodean data di DVD lebih efisien dari pada VCD, yang memungkinkan penanganan kesulitan pembacaan data pada keping tergores dengan lebih baik.
Data yang bisa disimpan di dalam DVD ukurannya lebih besar daripada VCD. Ukuran data yang bisa disimpan di dalam DVD bisa sampai 6 kali lebih besar dibandingkan dengan VCD.

Proses pembuatan DVD lebih sulit dibandingkan dengan VCD. Hal ini yang mengakibatkan harga DVD lebih murah dibandingkan dengan harga VCD.

DVD memiliki ukuran pit lebih kecil dari CD. Pit adalah lubang (galian) kecil atau tekanan yang sedikit di atas permukaan disc yang mengijinkan pickup laser untuk membedakan antara kondisi digital berlogik 0 dan 1. DVD sisi tunggal, lapisan tunggal dapat menyimpan sekitar tujuh kali lebih banyak dari pada CD. Sebagian besar tambahan ini berasal dari pit dan track pada DVD lebih kecil.



Itulah sedikit cerita dari saya tentang perbedaan DVD dan VCD, dan hanya sebatas ini yang baru saya tahu. Jika anda berminat, silahkan tinggalkan komentar anda untuk artikel ini.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel