Blog Sederhana

Friday, November 10, 2017

4 Tahap-Tahap Sosialisasi

Retno DJ

4 tahap - tahap sosialisasi


Tahapan dalam sosialisasi yang pada hakikatnya  kita sebagaimana manusia tentu harus saling bersosialisasi guna untuk berinteraksi antara satu sama lainya.


Oleh karena itu, tidak aa manusia yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Maka dalam bersosialisasi sangatlah penting bagi kita semua. Untuk mengetahui tahapan-tahapan sosialisasi serta bentuk sosialisasi bahwasannya dalam sosialisasi sangatlah diperlukan dalam suatu interaksi social maupun dalam komunikasi yang terjadi diantara satu orang dengan orang lain.


Dikesempatan ini, sedikit akan saya jelaskan secara singkat mengenai apa tahapan-tahapan sosialisasi sebagai berikut ulasannya:

 

1. preparatory Stage Tahap Persiapan atau Yang disebut sebagai 

Pada tahap persiapan atau preparatory stage dimana seorang manusia yang terlahir didunia yang menjadi anak dari orang tua mereka dilatih atau didik untuk mengenal keadaan yang terdapat di dunia. Ditahapan pemula, seorang anak yang sudah mulai mencoba meniru peran orang dewasa atau peran yang dijalankan oleh orang tuanya meski belum sepenuhnya

2.Tahap meniruatau yang disebut play stage

Di tahap play stage atau tahap meniru, seorang anak akan mulai menjalankan peran yang ia lihat oleh orangtuanya dan kemudian ia akan mulai meniru sebagaimana peran tersebut namun, ia juga belum mengetahi apadan bagaiman maksud serta tujuannya. Mengapa seorang tersebut meniru peran yang ia lihat. Sebagai contohnya seorang anak lelaki akan meniru peran yang dilakukan oleh bapaknya dalam mengemudikan sebuah mobil.

3. Game Stage atau Tahap Siap Bertindak

Pada tahp ke tiga siap bertindak penjelasan ini bahwa seorang anak yang menirukan peran orangtuanya dapat dikatakan sudah mulai memahami secara sedikit demi sedikit apa maksud serta makna dan tujuannya. Serta dimana ia mulai mengutangi sedikit demi sedikit atas peran tersebut. Selanjutnya, seorang anak tersebut akan mulai bertindak secara pelan-pelan untuk siap menggantikan peran yang dijalankan oleh orangtuanya dan juga demikian dengan penuh kesadaran.

4. Generalized Stage atau Disebut Dengan Tahap Kedewasaan

Tahap kedewasaan dan telah mampu meniru peran tersebut serta menjalankannya dengan penuh kesadaran yang luas. Dimana mampu mengenal secara luas kedudukan masyarakat setempat.

Baca Juga:

Perbedaan Sosialisasi Primer dan Sekunder Serta Tujuannya


Tahap-tahap sosialisasi diatas, tentu kita sebagaimana manusia juga pernah mengalaminya seperti hal diatas, cobalah anda kembali untuk  mengingat bagaimana saat anda kecildulu tentu anda pernah meiru peran dari kedua orang tua kita. Seiringnya pemikiran dengan tidak sengaja kita telah mengetahui lebih luas peran-peran yang dijalankan oleh kedua orang tua kita tersebut. Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat mengenai tahapan-tahapan sosialisasi

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel