Blog Sederhana

Thursday, October 5, 2017

Pengertian Promosi Kesehatan "Promotion Of Health"

Retno DJ

Pengertian Promosi Kesehatan 

Promosi kesehatan yang berasal dari bahasa inggris ialah Health Promotion. Yang sebenarnya, kini di terjemahkan kata health promotion atau yang biasa kita sebut dengan promosi of health diartikan kedalam bahasa indonesia pertama kali dikenalkan para ahli kesehatan masyarakat di indonesia dengan cara menerjemahkan kata health promotion yang terdiri dari lima tingkatan pencegahan"Five levels of prepention" dari H.R.Levell E. G. Clark dalam buku preventive medicine for the doctor in his community. Menurut Leavell dan Clark keluaran 1965 dari sudut pandang dunia kesehatan masyarakat terdapat 5 tingkatan pencegahan terhadap penyakit yang terdiri sebagai berikut:


Health Promotion

5 tingkatan pencegahan terhadap penyakit 


  1. Promotion Of Health
  2. Specific Protection
  3. Early Diagnosis and Prompt Treatment
  4. Limitation of disability
  5. Rehablitation

Pada pilar pencegahan kelima tersebut yang pertama Promotion of health oeleh para ahli kesehatan masyarakat di indonesia di terjemahkan menjad pengkatan kesehatan, bukan promosi kesehatan. Mengapa seperti itu? hal itu berarti makna yang terkandung dalam istilah promotion of health adalah meningkatkan kesehatan seseorang yaitu dengan melalui asupan gizi yang seimbang, berolahraga dengan teratur, dan juga masih banyak lainnya yang sebagaian dari pilar promotion of health, dengan begitu diharapkan masyarakat atau seseorang tidak terserang penyakit dan terjaga kesehatan tubuhnya.

Namun, hal tersebut bukanlah berrti bahwa peningkatan kesehatan tidak ada hubungannya dengan promosi kesehatan. Dari penjelasan  Leavell dan Clark mengulas mengenai promotion of health dengan menyatakan bahwa selain melalui peningkatan gizi dan lain-lain, ada hal yang perlu ditambahkan pula, peningkatan kesehatan juga dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan (health education) menerapkan kepada individu dan masyarakat

WHO organisasi kesehatan dunia telah merumuskan suatu bentuk definisi mengenai promosi kesehatan. "Health Promotion is the Process of Complete Physical, mental, and social, needs, and to change or cope With the environment"

Jadi, Kalimat tersebut promosi kesehatan adalah sebuah proses untuk meningkatkan kemmpuan masyarakat dalam memelihara dan juga meningkatkan kesehatannya. Disisi lain ada hal yang perlu di tingkatkan pula demi mencapai derajat kesehatan yang sempurna, baik fisik, mental, dan sosial, maka masyarakat harus mampu mengenal dan juga  mewujudkannnya dalam aspirasi tersebut, keburuhannya, dan juga mampu mengubah atau mengatasi lingkungan disekitarnya "lingkungan fisik, sosial, budaya dan masih banyak lainnya". Dalam konferensi hal ini, maka makna kalimat health promotion di maknai sebagai perluasan dari kalimat health educarion atau pendidikan kesehatan 

Pada pilar pencegahan kelima tersebut yang pertama Promotion of health oeleh para ahli kesehatan masyarakat di indonesia di terjemahkan menjad pengkatan kesehatan, bukan promosi kesehatan. Mengapa seperti itu? hal itu berarti makna yang terkandung dalam istilah promotion of health adalah meningkatkan kesehatan seseorang yaitu dengan melalui asupan gizi yang seimbang, berolahraga dengan teratur, dan juga masih banyak lainnya yang sebagaian dari pilar promotion of health, dengan begitu diharapkan masyarakat atau seseorang tidak terserang penyakit dan terjaga kesehatan tubuhnya.

Namun, hal tersebut bukanlah berrti bahwa peningkatan kesehatan tidak ada hubungannya dengan promosi kesehatan. Dari penjelasan  Leavell dan Clark mengulas mengenai promotion of health dengan menyatakan bahwa selain melalui peningkatan gizi dan lain-lain, ada hal yang perlu ditambahkan pula, peningkatan kesehatan juga dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan (health education) menerapkan kepada individu dan masyarakat.

WHO organisasi kesehatan dunia telah merumuskan suatu bentuk definisi mengenai promosi kesehatan. "Health Promotion is the Process of Complete Physical, mental, and social, needs, and to change or cope With the environment"

Jadi, Kalimat tersebut promosi kesehatan adalah sebuah proses untuk meningkatkan kemmpuan masyarakat dalam memelihara dan juga meningkatkan kesehatannya. Disisi lain ada hal yang perlu di tingkatkan pula demi mencapai derajat kesehatan yang sempurna, baik fisik, mental, dan sosial, maka masyarakat harus mampu mengenal dan juga  mewujudkannnya dalam aspirasi tersebut, keburuhannya, dan juga mampu mengubah atau mengatasi lingkungan disekitarnya "lingkungan fisik, sosial, budaya dan masih banyak lainnya". Dalam konferensi hal ini, maka makna kalimat health promotion di maknai sebagai perluasan dari kalimat health educarion atau pendidikan kesehatan.

Lebih Umumnya Promosi Kesehatan Adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat dan optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan Kesehatan Fisik, emosi, sisual, spritual, dan juga intelektual.
Loading...

 

Contact

Resources

Travel