Blog Sederhana

Thursday, October 19, 2017

Eksisi Hemangioma dan Perawatan Pasca Operasi

Eksisi Hemangioma dan Perawatan Pasca Operasi

Mungkin anda pernah melihat tanda seperti benjolan tanda lahir pada bagian tubuh anak, tanda bercak di tubuh anak sebagai tanda lahir ataukah mungkin kelainan berbahayakah jika tidak cepat ditangani? lalu bagaiman cara perawatannya? Sebelum lebih lanjut mari kita mengenal terlebih dahulu Apa itu hemangioma?
Pertubuhan Hemangioma 


Apa itu Hemangioma

Hemangioma di ambil dala bahasa latin yang merupakan gabungan kata yakni haema yang berarti darah - angeio yang memiliki arti pembuluh -- oma yang disbut pelebaran atau benjolan yang bersifat jinak.

Dikutip menuru dr.Endang Windiastuti, MD, MM dari bagian hematologi RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta, hemangioma tergolong dalam kategori tumor jinak namun, bukan seperti kanker melainkan sebagai benjolan yang terbentuk dari pembuluh darah.


Walaupun penyakit ini disebuk kanker jinak, hemangioma tidak selalu berbentuk benjolan seperti tumor pada umumnyaloh. Dan yang perlu diketahui bahwa Hemangioma ini bukanlah tanda lahir. Sebab, tanda lahir akan tampak berwarna biru atau mungkin menyerupai merah datar, kemudian taidak adanya benjolan. Sedangkan pada Hemangioma terlihat adanya benjolan.

Ruang Lingkup Hemangioma Dan Jenis-Jenisnya

Hemangioma adalah tumor jinak yang berasal dari pembuluh darah. Sekitar 30% timbul pada saat bayi lahir, pada sisinya timbul sekitar bebrapa minggu pasca kelahiran. Pada umumnya Hemangioma timbul berupa titik berwarna pucat dengan batas tegas, dan juga semakin jelas apabila bayi menangis. Bentuk Hemangioma sangat-sangat bervareasi, mulai dari yang berbentuk datar, kemerahan yang dikenal sebagai hemangioma superficial, sampai degan  bentuk hemangioma yang terletak pada lapisan kulit dan memiliki warna biru yang dikenal sebagai Hemangioma profunda.

Selama dalam Usia 6-18 bulan, Hemangioma memiliki pertumbuhan yang pesat dalam ukurannya, hal ini Hemangioma disebabkan karena pembelahan abnormal sel-sel. Bentuk Hemangioma akhir sangat bervareasi. hampir semua Hemangioma membutuhkan waktu  yang lambat dan panjang untuk menyelesaikan proses involusi. dimana proses ini terjadi setelah proses proliferasi. Tanda awal proses involusi adalah warna merah tumor yang semakin dalam, permukaan tumor tampak abu-abu dan timbulnya titik putih. Pada umumnya 50% dan 50%-75% sisinya selesai pada umur 7 tahun.

Penyebab Terjadinya Hemangioma

Hingga saat ini belum diketahui penyebab yang pasti terjadinya Hemangioma. Adapun hal yang baru disampaikan pada saat ini ialah bahwa Hemangioma:

Pada umumnya dibawa sang anak sejak pasca kelahiran


  • Lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak
  • Lebih sering ditemukan yang terjadi pada anak perempuan ketimbang laki-laki
  • lebih sering timbul hemangioma pada anak kembar
  • Lebih sering di jumpai pada ras kaukasia daripada ras lainya, seperti afrika dan asia.

Indikasi Operasi. "Hemangioma"

  • Pertumbahan Tumor mengancam nyawa
  • Pertumbuhan tumor menimbulkan masalah medis atau psikososial
  • Tumor yang mengalami ulserasi

Kontra, Indikasi Operasi Hemangioma

  • Perlu dipertimbangkan apabila letak kelainan pada organ vital.
  • Diaknosis Banding Untuk Hemangioma
  • Lymphangioma, AV malformasi

Pemeriksaan Penunjang Pada Hemangioma


  1. Laboratorium darah engkap
  2. Radiografi
  3. CT Scan
  4. MRI
  5. Angiografi
  6. Biopsi

Teknik Operasi Hemangioma


  1. Lakukan aseptik dan antiseptik pada daerah operasi lalu berikan anestesi lokal jika hemangioma tidak terlalu besar. Anestesi dilakukan blok atau infiltrasi
  2. Jika hemangioma tidak terlalu besar maka eksisi dilakukan secara lentikular atau bentuk seperti lensa/elips dengan sumbu panjang searah dengan arah ketegangan kulit sehingga akan menghasilkan jaringan parut yang minimal berupa garis lurus.
  3. Angkat semua jaringan vaskular yang abnormal
  4. Hentikan peredaran yang terjadi baik dengan ligasi ataupun diatermi
  5. Tutup luka operasi lapis demi lapis
  6. Pada hemangioma yang luas mungkin diperlukan angiografi untuk mengetahui detil vaskular yang memperdarahi lesi tersebut dan juga teknik embolisasi untuk memblok pembuluh darah tersebut.
  7. Kemudian dilanjutkan dengan pengangkatan selruh lesi vaskular abnormal tersebut

Komplikasi Operasi

Komplikasi yang sering terjadi adalah pendarahan daruate operasi. Hal ini dapat diatiasi dengan penggunaan thermoscaples (scaple dengan tenaga panas listrik) atau diatermi/elekrokoagulan.

Mortalitas

Angka morbiditas dan mortalitas pasca pembedahan hampir mendekati nol, hal ini disebabkan oleh adanya teknik pembedahan yang baru dan instrumen pembedahan yang mencegah perdarahan intra operatif.

Perawatan Pasca Operasi Hemangioma

Adapun perawatan pasca operasi hemangioma, dimana tempat dilakukan pembedahan, ditutup secara steril, dan  rawat luka dengan anti penutup luka secara rutin. Penderita melakukan level aktifitas minimal. Tujuan perawatan ini untk mencegah hematoma pasca operasi.

Follow-up


  • Penilian penangan lebih lanjut dari pemulihan gejala dan kejadian berulang dan hemangioma sangat diperlukan
  • Yang dievaluasi adalah 

- Gejala Klinis
- Pertumbuhan Tumor

 

Contact

Resources

Travel