Blog Sederhana

Wednesday, October 25, 2017

Alternatif pengobatan Penyakit Thalasemia Gejala dan Penyebabnya

Thalasemia Adalah penyakit kelaianan darah yang diturunkan dimana ketika tubuh tidak memproduksi cukup hemoglobin. Sehingga menyebabkan sedikitnya jumlah hemoglobin di dalam tubuh . Pengertian dari Hemoglobin adalah protein pembentuk sel darah merah yang berguna untuk mengikat oksigen dan membawanya ke seluruh tubuh. Dimana saat kondisi tubuh kekurangan hemoglobin, sel darah mereah tidak bisa berfungsi dengan baik dan hanta dapat hidup untuk waktuk yang pendek.

Oleh sebab itu, sedikitnya sel darah merah sehat yang beredar ke seluruh tubuh, maka ogsigen yang diantarkan ke seluruh tubuh juga tidak cukup dan dapat mengakibatkan seseorang mengalami anemia dengan gejala mudah merasa kelelahan,lemas, dan juga dapat merasa sesak pada napas.

Seseorang yang mengidap Thalaesmia dapat mengalami anemia ringan maupun berat. Pada seseorang yang mengalami thalasemia berat dapat mengakibatkan kerusakan organ dan juga mengakibatkan kematian.

Terdapat beberapa jenis tipe thalasemia yang dibagi berdasarkan bagian spesifik hemoglobin yang tekena dan tingkat keparahan pengidap penyakit thalasemia atau jumlah gen yang termutasi. Berdasarkan pada bagian spesifik hemoglobin yang terkena, thalasemia dibagi menjadi dua jenis thalasemia alpha dan Beta, sedangkan berdasarkan tingkat keparaha thalasemia atau jumlah gen yang ermutasi, Thalasemia dibagi menjadi Carrier, minor, intermedia, dan juga major.  Thalasemia juga memiliki julukan  lain seperti anemia Cooley ("thalasemia beta major").

Mekanisme Penurunan Penyakit Thalasemia

Gejala Penyakit Thalasemia 

Seseorang pengidap thalasemia memiliki beberapa tanda dan juga gejala yang muncul dan tergantung dengan tipe tingkat keparahan thalasemia. Bentuk yang paling berat dari thalasemia adalah thalasemia alpha major yang biasanya mengakibatkan bayi meninggal sebulum atau seaat setelah bayi dilahirkan. Sedangkan bagi seseorang yang hanya menjadi carrier thalasemia, biasanya tidak memiliki gejala. Beberapa pada bayi dapat menunjukkan tanda-tanda dan juga gejala saat baru lahir, dan sedangkan yang lainnya barulah muncul gejala disaat berusia 2tahun pertama kehidupan. Gejala-gejala yang umum thalasemia diantaranya:


  • Mudah kelelahan
  • lemah
  • Warna pada kulit kekuningan ("jaundice")
  • Kelainan pada bentuk tulang bagian wajah
  • Pertumbuhan yang lambat
  • Pembengkakan perut akibat pembengkakan limpa
  • Urin yang berwarna gelap

Penyebab Penyakit Thalasemia

Beberapa hal penyebab thalasemia seperti hemoglobin terbuat dari dua (2) protein, alpha globin dan beta globin. Thalasemia terjadi disaat terdapat kerusakan pada gen yang membantu pengaturan produksi salah satu protein tersebut. Bagian spesifik thalasemia memiliki tipe yang berbeda tergantung dari bagian spesifik hemoglobin yang terkena dan julah gen yang mengalami mutasi yang diturunkan dari orangtua.

Thalasemia Alpha

Terdapat 4 gen yang terlibat dalam pembentukan rantai hemoglobin alpha. Masing-masing orang mendapatka 2 gen dari masing-masing orang tuanya. Jika seseorang mewarisi seperti:
  • Satu Gen Termutasi - Dimana seseorang akan menjadi carrier dan menurunkanya ke anaknya. Diasaat menjadi carrier, seseorang tidak akan memiliki tanda dan juga gejala thalasemia.
  • Dua Gen Termutasi -  kondisi seperti ini yang disebut dengan thalasemia alpha minor. Adapun tanda dan juga gejala yang dapat dirasakan ringan
  • Tiga Gen Termutasi - Pada kondisi seperti ini disbut juga dengan thalasemia alpha major atau Hypdrops Fetalis. Penyakit Hypdrops Fetalis ini, biasanya mengakibatkan janin meninggal sebelum atau sesaat bayi dilahirkan.

Thalasemia Beta

Thalasemia beta terdapat 2 gen yang terlibat dalam pembentukan rantai hemoglobin beta, Dan pada masing-masing seseorang mendapatkan satu gen dari masing-masing orang tuanya. Jika seseorang mewariskan sebagai berikut:
  • 1 Gen Termutasi - Dengan kondisi hal seperti ini disebut dengan thalasemia beta minor. Tanda maupun gejalanya yang dirasakan ringan.
  • 2 Gen Termutasi -  di kondisi ini disebut dengan thalasemia beta major atau disebut dengan anemia Cooley. Dimana ayi yang terlah lahir dengan 2 gen hemoglobin beta yang termutasi biasanta sehat disaat lahir dan juga munculnya gejala-gejala pada di usia 2 tahun pertama di kehidupanya. Bentuk yang lebih ringan dari thalasemia beta majordisebut dengan thalasemia beta intermedia.
Adapun faktor resiko thalasemia diantaranta seperti riwayat keluarga dengan thalasemia dan etnik tertentu yaitu: italian, Yunani, Timur Tengah, Asian dan juga African.

Pengobatan Alternatif Thalasemia

Adapun pengobatan tradisional Thalasemia yang menjadi alternatif dalam pengobatan thalasemia yang cocok dan juga cepat dalam pengobatan penyakit thalasemia ini, yang diperlukan dengan proses moderen dengan menggunakan  dari bahan-bahan tradisional yang di ambil dan diolah secara alami sehingga sangat aman untuk dikonsumsi bagi sipenderita thalasemia sebagai alternatif pengobatan pilihan yang akan menyembuhkan thalasemia.

Obat Alternatif untuk Thalasemia

Penyakit thalasemia adala penyakit yang sifatnya diturunkan. Pada penyakit thalasemia ini merupakan penyakit kelainan pembentukan sel darah merah. Anda bisa mencoba obat herbal  QNC JELLY GAMAT.


TAG:

 

Contact

Resources

Travel