Selasa, 02 Mei 2017

Pengertian Apa Yang dimaksud Dengan Seni Rupa dan Jenis-jenis Seni Rupa

Retno DJ

Berikut ini Adalah Pengertian Apa Yang Dimaksud Dengan Seni Rupa

Jenis dan pengertian karya seni rupa
Seni rupa murni indonesia
Pengertian dari Seni Rupa ialah merupakan salah satu bagian kesenian yang penerapannya terbagi menjadi dua ataupun tiga dimensi, karena penerapannya juga memiliki ukuran yang panjadan dan juga lebar hampir setara dengan volume.

Dalam seni rupa memiliki ungkapan dan gagasan serta perasaan pada manusia yang dituangkan melalui media pengolahan dan juga pada penataan elemen yang setara dengan prinsip-prinsip desain. Biasanya seni rupa juga adalah sebuah seni yang di ungkapkan dan di wujudkan dalam bentuk rupa yang terdiri dari warna, unsur garis, bidang, tekstur, gelap terang dan juga titik.

Seni rupa merupakan realisasi dari sebuah imajinasi yang tanpa ada batasan dalam konteks karya seni. Sehingga, dalam berkarya seni tidak akan ada kata kehabisan ide dan imajenasi untuk terus berkarya seni dalam seni rupa.

Jenis-jenis dari Seni Rupa

Dalam seni rupa terdapat beberapa jenis-jenis seni rupa yaitu
  1. Seni Rupa Lukis - Yang merupakan sebuah seni yang dikembangkan dari menggambar bentuk yang lebih lengkapa serta utuh.
  2. Seni Rupa Grafis - jenis seni ini yang mana merupakan cabang seni yang proses pembuatannya membutuhkan alat atau dengan menggunakan teknik cetak pada umumnya dilakaukan diatas kertas seperti pada sablon atau poster.
  3. Seni Rupa Kriya - seni kriya ini merupakan sebuah seni menggambar sebagai hasil visualisasi dari tulis tangan untuk menerangkan atau menjelaskan, menyampaikan, menghiasi atau memudahkan bagi pembacanya untuk mudah memahami apa makna isi dari suatu cerita, informasi,tulisan. Sebagai contoh seni ini adalah komik dan juga karikatur.
  4. Seni Rupa Patung - dalam seni rupa patung, seni yang berbentuktiga dimensi ini umumya di lakukan dengan proses memahat atau casting (dengan teknik cetakan)

Itulah Pengertian Apa Yang dimaksud Dengan Seni Rupa dan Jenis-jenis Seni Rupa. semoga artikel yang singkat ini dapat membantu anda serta bermanfaat untuk menambah wawasan pengembangan seni rupa.

0 komentar:

Posting Komentar