Sabtu, 29 April 2017

Perbedaan dan Persamaan Amilum dan Selulosa

Rendy Andriyanto

Apa Perbedaan dan Persamaan Amilum dan Selulosa

Perbedaan Amilum dan Selulosa - Dalam mempelajari bahan-bahan kimia, kita semua akan menemukan banyak sekali istilah-istilah yang jarang diketahui masyarakat umum. Seperti halnya Amilum dan Selulosa. Dua bahan kimia yang sama-sama memiliki peran fungsi pentingnya masing-masing masih sering menimbulkan pertanyaan bagi siapapun yang ingin mempelajari perbedaan antara amilum dan selulosa. Sebelum mempelajari lebih jauh tentang perbedaan amilum dan selulosa, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari masing-masin bahan kimia itu, amilum dan selulosa.

Pengertian Amilum

Amilum merupakan polimer yang terbuat dari beberapa monosakarida, atau yang biasa disebut dengan polisakarida paling melimpah nomor urut dua dari semua jenis kimia organik. Amilum juga adalah polimer dari a-D-glukosa. Masyarakat umum, lebih sering menyebut Amilum dengan nama Pati, diartikan sebagai bahan kimia organik yang terdapa pada tumbuhan atau tanaman sawah, seperti padi, jagung, umbi, gandum,, ketela, dan masih banyak yang lainnya. Berdasarkan tingkat kelarutan Amilum apabila ditriturasi menggunakan air panas, Amilum memiliki dua fraksi utama, yaitu amilosa (larut) sekitar 20% pati dan amilopektin (tidak larut) sekitar 80%.

Pengertian Selulosa

Selulosa merupakan molekul. Molekul yang terdiri dari hidrogen, oksigen, karbon dan ditemukan dalam struktur selular hampir semua materi tanaman. Berada di satu tingkat di atas Amilum, Selulosa merupakan salah satu senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Fungsi dari rantai panjang molekul gula dan molekul lain yang menjadikan Selulosa terbangun adalah untuk memperkuat kayu.

Barulah setelah kita memahami tentang masing-masing pengertian dari Amilum dan Selulosa, tahap selanjutnya adalah memahami perbedaan dan persamaan Amilum dan Selulosa. Persamaan dan perbedaan ini diambil dari beberapa sumber yang terpercaya.

Persamaan Amilum dan Selulosa

  1. Kedua bahan tersebut, Amilum dan Selulosa adalah termasuk ke dalam karbohidrat, atau bahasa biologinya sakarida.
  2. Kedua bahan tersebut, Amilum dan Selulosa adalah termasuk ke dalam polisakarida (C5H10O5)n
  3. Persamaan Amilum dan Selulosa yang ketiga adalah sama-sama diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh manusia dan memiliki berat molekul tinggi.

Perbedaan Amilum dan Selulosa

  1. Amilum hanya ditemukan di daun, batang, umbi dan biji-bijian
  2. Selulosa hanya ditemukan pada tumbuhan
  3. Jumlah obligasi glukosa pada Selulosa sekitar beta 1,4 linkage. Sedangkan, pada Amilum sekitar alpha 1,4 linkage
  4. Perbedaan Amilum dan Selulosa yang terakhir adalah Selulosa terjadi di alam sebagai selulosa murni. Sedangkan Amilum ditindaklanjuti oleh amilase dan selulosa oleh selulase.

Demikianlah artikel itulah perbedaan dan persamaan antara Amilum dan Selulosa yang bisa kita pahami lebih mudah dan berdasar pada sumber yang terpercaya. Untuk mengenai perbedaan dan persamaan lainnya bisa baca disini

0 komentar:

Posting Komentar