Blog Sederhana

Tuesday, September 20, 2016

Perbedaan Pertumbuhan Primer Dan Sekunder Pada Tumbuhan

Retno DJ

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan

Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder adalah sebagai berikut ini:
Pada pertumbuhan primer adalah proses aktivitas sel-sel meristem yang menyebabkan batang dan akar tumbuh yang memanjang. Pada pertumbuhan Primer terjadinya pada embrio ujung batang serta pada ujung akar.

Pertumbuhan  sekunder adalah sebuah aktivitas kambium atau yang disebut dengan titik tumbuh sekunder yang membentuk xilem dan fleom sekunder. Pertumbuhan sekunder terjadi pada tumbuhandikotil dan Gymnospermae.
Perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder

Pengertian pertumbuhan 

Pertumbuhan adalah suatu proses bertambahnya ukuran baik pada volume, bobot dan juga jumlah ukuran, sel yang bersifat irreversible atau yang disebut dengan tidak dapat kembali pada bentuk asal. Sedangkan perkmbangan adalah  Sebuah perubahan bentuk fisik, diferensiasi sel menuju keadaan yang lebih dewasa. Hal ini memiliki arti yang lebih penting dalam kehidupan.

Jaringan meristem atau jaringan embrional adalah jaringan sel-selnya aktif membelah diri secara mitosis. Jaringan ini yang memiliki kemampuan bermitosis secara terus -menerus yang menyebabkan terus berkembangnya sel-sel baru sehingga ada pertumbuhan yang mengalami pertambahan tinggi dan volume.

Kambium adalah sebuah lapisan pada jaringan meristematik pada tumbuhan  yang sel-selnya aktif membelah diri dan bertanggung jawab atas pertumbuhan seknder tumbuhan. Sedangkan Kambium ditemkan pada batang dan juga pada akar. Kambium adalah sebuah lapisan meristematik yang terdapat pada tumbuhan dimana sel pada kambium tersebut aktif membelah diri dan bertanggung jawab atas pertumbuhannya  secara sekunder pada tanaman.

Itulah perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan. semoga artikel ini dapat bermanfaat.


0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel