Blog Sederhana

Sunday, July 10, 2016

Perbedaan HP Xiaomi Asli dan Palsu

Seperti yang kita ketahui, Xiaomi merupakan salah satu Smartphone besutan China yang laris manis di pasar internasional. Popularitas Xiaomi sebagai Smartphone terjangkau dengan beragam fitur pun mulai dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarkat Indonesia. Oleh sebab itu, tak heran jika Xiaomi menjadi salah satu vendor Smartphone yang digadang- gadangkan keberadaannya sebagai Smartphone high quality namun dibanderol dengan harga kurang dari 2 juta. Namun, seiring dengan semakin pesat nya popularistas Smartphone ini, Anda mungkin bisa terkecoh dengan produk Xiaomi palsu. Berhati- hatilah. Lantas bagaimana cara membedakan xiaomi asli dan palsu?

Untuk menghindari Anda dari produk Xiaomi palsu, alangkah baiknya jika Anda melakukan langkah- langkah preventif yakni dengan melakukan upaya pembelian Smartphone tersebut pada galeri- galeri resminya. Beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mendapatkan Xiaomi asli diantaranya officially Xiaomi center di www. Mi. Com, Xiaomi Tmall Store, Communication Carriers di China dan Singapura sedangkan jika di Indonesia Anda bisa kunjungi Erajaya dan TAM.

Mengecek IMEI

Cara cek IMEI ponsel Xiaomi gampang saja, akses http://order.xiaomi.com/service/imei dan login menggunakan MI ID yang dimiliki. Lalu IMEI yang dimunculkan cocokkan dengan nomer IMEI yang tertera dalam boks kemasan. Bila sama maka smartphone Xiaomi yang anda beli adalah asli.

Perbedaan HP Xiaomi Asli dan Palsu

Memakai Tool atau Aplikasi Anti Barang Palsu

Salah satu yang sudah disedikan oleh Xiaomi sendiri untuk mengecek keaslian barang buatan mereka adalah dengan mendowload apk yang bisa diunduh di http://jb.mi.com lewat komputer kamu. Lalu install APK hasil unduhan tersebut di gadget Xiaomi yang pingin dicek keasliannya lalu jalankan aplikasi tersebut.Setelah selesai kemudian silahkan refresh laman http://jb.mi.com tadi lalu arahkan ponsel ke QR setelah proses selasai maka situs tersebut akan memberikan info apakah gadget yang kita uji tersebut asli atau palsu.

Perlu diketahui bahwasanya agar dapat menjalankan aplikasi ini perangkat anda harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur mode instalasi aplikasi dengan cara klik setting,additional setting,privacy lalu klik unknown sources. Namun kekurangan cara ini adalah hanya bisa dilakukan di perangkat baru saja seperti Xiaomi Mi 4 dan Mi4i dan tidak bisa untuk gadget lama seperti Redmi 1s atau redmi 2.

Cek Fisik

Cara membedakan xiaomi asli dan palsu selanjutnya adalah dengan cara cek fisik. Xiaomi palsu umumnya memiliki ciri- ciri sebagai berikut yakni back-case yang sedikit ngeblur, tidak adanya sertifikat replacement dan garansi, ujung box terlihat kurang tajam, tidak adanya kode kemanan, layar booting hitam dan buku garansi terlihat murahan ( kertas hanya dengan kualitas yang buruk / murahan ). Berbeda dengan produk Xiaomi yang original yakni dilengkapi dengan buku garansi yang tebal dan panjang, buku cara penggunaan, dan Imei nya tembus.

Cek ROM MIUI

Kemudian langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebagai cara membedakan xiaomi asli dan palsu adalah dengan mengecek ROM MIUI.  Caranya cukup mudah, cukup cek about phone pada tablet atau Smartphone Xiaomi Anda. Cek pada bagian Setting > About Phone. Cermati kode nya, untuk Xiaomi  yang original umumnya diawali dengan MUI – blabla babla.

Master Reset

Salah satu modus penipu adalah dengan menginjek software benchmark agar terlihat seolah-olah hasil benchmark sesuai dengan spesifikasi perangkat tersebut.Untuk itu sebelum melakukan uji benchmark sebaiknya lakukan master reset yang berfungsi untuk mendelete semua data yang masuk kembali ke data awal.Setelah itu baru uji smartphone atau tablet Xiaomi dengan aplikasi benchmark seperti CPU-Z,Sensor Box dan AnTuTu serta perhatikan hasil detailnya apakah sesuai spek yang tertera atau tidak.

Mengakses MI Recovery

Cara cek keaslian HP Xiaomi ini pun mudah. Setelah masuk ke MI Recovery maka pastikan ada tampilan gambari kelinci MI sedang mengoperasi robot Android dan keluar pilihan bahasa Chinese or English. Jika itu yang muncul maka bisa dipastikan bahwa smartphone Xiaomi anda itu asli. Namun jika langsung menuju ke menu recovery maka perangkat tersebut ditanggung tiruan. Mengakses MI Recovery caranya : smartphone Xiaomi dalm kondisi mati kemudian tekan dan tahan secara bersamaan tombol power dan tombol volume Up atau masuk ke folder security Xiaomi > icon updater > option > reboot to recovery mode.

Google Playstore

Jika pada kebanyakan Smartphone atau tablet Android dilengkapi dengan Google Playstore, lain halnya dengan Xiaomi palsu atau “fake”.  Umumnya Google play pada Xiaomi palsu tidak ada ataupun jika ada tidak akan berfungsi (tidak dapat dibuka).  Ciri yang lain biasanya bisa dilihat pada harga yang relatif lebih murah dari kebanyakan harga Xiaomi di pasaran, meski tidak menutup kemungkinan jika produk fake tersebut juga dibanderol denga n harga yang serupa dengan yang versi original. Oleh sebab itu cermatilah sebelum  Anda membeli nya.

 

Contact

Resources

Travel