Blog Sederhana

Sunday, July 3, 2016

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Burung merupakan sekian dari banyak hewan yang sangat diminati oleh manusia untuk dipelihara, dan Cucak Ijo juga merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak diburu dan diminati oleh kalangan pecinta burung dikarenakan bulunya yang indah dan suaranya yang merdu. Tak heran lagi bila hewan yang satu ini memiliki daya tarik dan harga jual yang cukup tinggi di pasaran.

Cucak ijo dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Greater green leafbird. Burung ini termasuk dalam suku Chloropseidae. Selain banyak disebut dengan cica daun, spesies bertubuh gempal ini juga memiliki beberapa nama sebutan, antara lain burung daun dan murai daun. Untuk ukuran tubuhnya, mempunyai panjang antara 22 cm bila diukur dari ujung ekor sampai paruh. Unggas jenis ini menyebar di Jawa, Bali, Sumatra, Semenanjung Malaya dan Kalimantan khususnya pulau Natuna. Biasanya satwa berbulu hijau ini mendiami perbukitan dan hutan dataran rendah yang berketinggian tak lebih dari 1000 meter di atas permukaan air laut. Di alam bebas burung daun ini memakan serangga-serangga kecil dan aneka buah-buahan segar.

Ciri dari burung jenis ini, pada umumnya memiliki bulu tubuh, sayap dan ekor yang di dominasi dengan warna hijau terang menyerupai daun muda. Tanda-tanda dari burung berjenis kelamin jantan, bisa dilihat dari bagian tenggorokan dan pipinya yang berwarna hitam mengkilap. Sedangkan untuk burung yang berkelamin betina, bisa ditandai dengan warna kuning muda yang terdapat pada bulu di bagian lingkaran mata dan tenggorokan. Bulu kuning pada lingkar mata cucak ijo betina akan terlihat lebih kusam dibandingkan unggas pejantan yang warna kuningnya lebih tegas. Untuk lebih lengkapnya lagi, mengenai perbedaan jenis kelamin burung cucak ijo jantan dan betina, ada baiknya untuk menyimak beberapa informasi yang telah di ringkasan dibawah ini.

Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina


Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina


  1. Cucak ijo jantan memiliki lingkar mata kuning yang lebih pekat dan tegas. Sedangkan cucak ijo betina lingkar matanya cenderung agak kusam.
  2. Paruh pada cucak ijo jantan yang masih anakan berwarna cokelat gelap. Sedangkan pada cucak ijo betina warna paruhnya putih.
  3. Jarak kedua sisi tulang supit pada cucak ijo jantan rapat. Sedangkan pada cucak ijo betina jaraknya renggang.
  4. Tulan supit cucak ijo jantan lebih keras dibanding cucak ijo betina.
  5. Pupil mata pada cucak ijo jantan terlihat hitam dan jernih. Namun, pada cucak ijo betina pupil matanya cenderung berwarna cokelat.
  6. Kaki cucak ijo jantan yang sudah menyisik akan berbintik hitam, pada cucak ijo betina tidak muncul bintik hitam.


Baik, itulah sedikit info dan tips dari Saya yang dapat Anda gunakan untuk membedakan burung cucak ijo jantan dan betina yang sangat tepat, akurat, dan cepat, tidak khawatir akan terjadi kesalahan. Disini Saya sebenarnya juga sudah membuktikannya, akan tetapi Saya lupa untuk mengabadikannya.

 

Contact

Resources

Travel