Blog Sederhana

Tuesday, July 12, 2016

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina - Burung cendet atau dikenal juga dengan burung pentet/toet adalah salah satu burung kicau yang mempunyai variasi suara yang indah. Cendet mempunyai suara yang khas, warna yang indah, dan ukuran yang pas sebagai burung kicau sehingga burung ini menjadi salah satu primadona dikalangan kicau mania. Burung Cendet termasuk salah satu kedalam burung yang agresif dan bersifat teritorial, yang artinya dia akan bertarung untuk berebut wilayah yang akan dikuasainya. Tak jarang dari kita digigit burung ini ketika akan memegangnya apalagi burung cendet yang masih liar dan didapat di alam, tetapi sifat agresif burung ini akan hilang jika kita pelihara dari kecil, mungkin akan menganggap kita orang tuanya hehehe. Panjang tubuh burung cendet sekitar 20-25 cm, dengan ciri khas ujung paruh yang mengait.

Bagi anda yang berkeinginan untuk menangkar burung gacoran, akan tetapi masih bingung pada pemilihan jenisnya maka anda bisa memilih burung gemuk ini. Selain mudah lulut pada pemeliharanya, perawatan untuk burung pentet sendiri pun tidak terlalu rumit, khususnya bagi kita yang masih pemula. Dalam perawatan hariannya kita cukup memenuhi kebutuhan pakan, memandikan secara teratur dan selalu membersihkan kandang / sangkar. Namun jika menginginkan cendet supaya cepat buka paruh, maka kita perlu memberikannya pemasteran secara rutin dan bertahap. Khusus untuk cendet jantan yang masih bakalan, kita bisa memancing gacorannya dengan suara burung cendet betina.

Apabila anda sudah benar-benar yakin menentukan pentet sebagai burung peliharaan dirumah, maka sangat disarankan untuk memilih burung yang berkelamin jantan. Pada umumnya burung cendet jantan akan memiliki berbagai kelebihan baik itu dari postur tubuh, variasi gacoran maupun power suaranya (Baca: Suara Cendet). Namun bagi anda yang masih belum tahu cara untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina pastinya sangat kebingungan ketika hendak membeli burung tegas ini. Sekarang anda tak usah bingung lagi, karena disini saya telah menyajikan berbagai ulasan mengenai perbandingan ciri kelamin burung cendet. Untuk lebih lengkapnya lagi, mari kita simak cuplikan dibawah ini.

Perbedaan Cendet Jantan dan Betina


Perbedaan Cendet Jantan dan Betina

CIRI-CIRI CENDET JANTAN

  1. Bulu berwarna hitam pada bagian pipi cendet jantan terlihat hitam mencolok/lugas.
  2. Bentuk kepala cendet jantan terlihat lebih datar/ceper. 
  3. Pada saat masih anakan, cendet jantan memiliki warna hitam pada bagian ekornya.
  4. Pada bagian supit, cendet jantan memiliki bentuk supit yang kecil dan panjang, dan motif garis bulunya tidak beraturan.

CIRI-CIRI CENDET BETINA

  1. Bulu berwarna hitam pada bagian cendet betina terlihat semu/tidak terlalu lugas.
  2. Bentuk kepala cendet betina terlihat bulat/menggelembung.
  3. Pada saat masih anakan, warna hitam pada bagian ekornya tidak jelas.
  4. Pada bagian supit, cendet betina memiliki bentuk supit yang besar dengan motif bulu garis teratur yang menyerupai kembang/bunga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Ciri Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Terlengkap . Jika anda masih belum jelas tentang artikel ini, silakan bertanya dengan komen di kotak yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

 

Contact

Resources

Travel