Blog Sederhana

Saturday, July 2, 2016

Cara Jitu Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina

Burung kenari merupakan burung yang pandai berkicau dan terkenal dengan kicauannya yang khas, karena kicauannya yang merdu dan memukau itulah membuat banyak orang kepincut untuk memiliki dan merawatnya sebagai burung peliharaan di rumah. Banyak pula kenari mania yang menurunkan kenarinya ke arena lomba burung berkicau bila kenarinya sudah gacor dan memiliki kemampuan berkicau yang baik. Tentunya kenari jantan lah yang mampu berkicau dengan bagus dan memukau.

Membedakan kenari jantan dan betina sebetulnya lebih mudah bila burung kenari sudah dewasa, dan agak sulit bila kenari masih belum dewasa atau muda. Bagi kenari mania yang ingin segera mengetahui cara jitu membedakan kenari jantan dan kenari betina, silahkan simak poin poin berikut ini.

Cara Jitu Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina


Cara Jitu Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina

1. Usia 3-4 hari
Pada usia 3 sampai 4 hari, burung Kenari memiliki ciri khusus yang dapat dilihat dari ada tidaknya pembuluh vena. Pembuluh vena ini terletak di sebelah perut dan menuju dubur, hal ini dapat dilihat dari burung Kenari jantan. Burung Kenari betina usia 3 sampai 4 hari tidak akan menunjukkan pembuluh vena.

2. Usia 7 hari
Ketika memasuki usia 7 hari, burung Kenari juga memberikan pertanda apakah ia jantan atau betina. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari posisi mata, jika sejajar dengan paruh maka itu adalah burung Kenari jantan. Burung Kenari betina akan memiliki mata yang tampak lebih tinggi dari paruh.

3. Bentuk kepala
Burung Kenari jantan memiliki kepala yang berbentuk ramping, sementara burung Kenari betina memiliki bentuk kepala yang lebih bulat.

4. Usia 2-3 minggu
Memasuki usia 2 sampai 3 minggu, burung Kenari akan mulai aktif melompat-lompat. Jika diperhatikan, burung Kenari jantan akan memiliki lompatan yang lebih jauh dibandingkan burung Kenari betina.

5. Postur tubuh
Burung Kenari memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan juga lebih besar. Sedangkan burung Kenari betina memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar dan juga cenderung bulat.

6. Kaki
Perbedaan Kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari kakinya. Burung Kenari jantan memiliki kaki yang panjang dengan jari-jari yang renggang. Sedangkan burung Kenari betina memiliki kaki yang lebih pendek dan juga jari yang lebih rapat dibandingkan burung Kenari jantan.

7. Tulang belakang
Jika Anda perhatikan pada tulang belakang burung Kenari, Anda dapat melihat warnanya. Jika warnanya tampak gelap dan pekat maka itu adalah burung Kenari jantan. Sedangkan jika warnanya lebih terang atau tidak pekat maka itu merupakan burung Kenari betina.

8. Bentuk dubur
Ciri lain dari burung Kenari jantan yaitu memiliki dubur yang lebih menonjol atau memiliki benjolan. Sementara untuk burung Kenari betina biasanya tidak memiliki benjolan atau lebih datar jika dibandingkan burung Kenari jantan.

 

Contact

Resources

Travel