Blog Sederhana

Thursday, June 23, 2016

Perbedaan Kamera DSLR dan SLR

Kamera DSLR dan SLR adalah dua hal yang sering sekali kita jumpai di saat perkembangan teknologi yang sangat pesat ini. Ada banyak vendor kamera DSLR dan SLR yang dapat kita pilih di pasaran Indonesia. Apalagi, anak jaman sekarang ini sudah marak dan banyak sekali yang memegang kamera, sehingga tak hanya seorang fotografer saja yang memiliki kamera. Namun, ada beberapa pengetahuan yang perlu diketahui oleh Anda mengenai Perbedaan Kamera DSLR dan SLR.

Perbedaan Kamera DSLR dan SLR

Perbedaan Kamera DSLR dan SLR
Ilustrasi Perbedaan Kamera DSLR dan SLR
Kamera SLR (single-lens reflex) atau Kamera refleks lensa-tunggal‎ adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya.

Bila seorang fotografer telah memotret objek, maka hasilnya disimpan dalam gulungan film 35 MM karena kamera ini hanya memiliki system elektronik yang sederhana. Dari gulungan film tersebut dapat langsung di cuci cetak menjadi foto cantik di selembar kertas. Sayangnya, pemilik tidak dapat mengedit foto sebelum dicetak. Kelemahan system ini pemilik tidak dapat mengutak-atik (mengedit) sesuai dengan keinginan atau bila terjadi kesalahan tidak bisa diulangi lagi.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex Camera) adalah kamera digital yang menggunakan mechanical mirror system dan pentaprisma unuk mengarahkan cahaya dari lensa menuju optical viewfinder yang berada pada kamera).

Kamera dslr bekerja otomatis menyimpas gambar di dalam memori card. Anda tidak perlu khawatir mengenai hasil karena hasil jepretan langsung muncul di layar kamera. Tinggal memberikan nilai pada hasil. Bila bagus disimpan, bila ternyata kurang memuaskan bisa dihapus dan mengambil gambar lagi. Mudah sekali bukan?
           
Sayangnya kamera dslr memerlukan perangkat lain apabila pengguna ingin memproses foto lebih lanjut. Misalnya pengguna ingin punya gambar cetak atau di print, maka memori card tadi dimasukkan ke laptop yang memiliki software tertentu seperti photoshop, picasa, adobe, dan lain-lain. Nah, bila sudah ada perangkat dan dibuka, maka gambar bisa dilihat di computer atau laptop dan diedit. Kekurangan gambar dapat dibenahi sebelum dicetak. Bahkan, background dari gambar yang telah diambil bisa diganti.

Harga kamera SLR yang berbeda dibandingkan dengan kamera DSLR tentu juga dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satunya adalah masalah desain dan kepraktisan. Kamera SLR tentunya tidak sepraktis yang dimiliki oleh kamera dlsr. Kamera DSLR lebih praktis karena mampu menampilkan hasil jepretan langsung. Selain itu kualitas gambar yang di berikan oleh dua kamera juga bisa berbeda. Namun pengguna dari kedua kamera harus menyesuaikan dengan perangkat lunaknya untuk sesuai kebutuhan.

 

Contact

Resources

Travel