Blog Sederhana

Tuesday, March 22, 2016

Fungsi 4G di HP Smartfren Masih Saja Mubazir Fungsi dan Kelebihan 4G

Smartfren sudah meluncurkan 5 ponsel pintar dengan seri Andromax yang didukung oleh jaringan 4G LTE yang ada di Jakarta, pada hari Selasa 9 Juli silam. Tapi, sampai saat inipun perusahaan telah mengadopsi sebuah teknologi CDMA tersebut belum bisa menyediakan koneksi jaringan 4G LTE terhadap para pelanggarnya.

Merza Fachys seorang Direktur dari Smartfren Telecom telah mengatakan bahwa pihaknya sudah terlebih dulu menyiapkan beberapa perangkat yang nantinya dapat mendukung fungsi 4G yang sebelumnya layanan dari jaringan 4G LITE telah diluncurkan. So, disaat nantinya sudah diluncurkan pastinya akan langsung bisa dinikmati.

Merza juga mengatakan bahwa fungsi 4G pada Smartfren akan diluncurkan pada semester ke-2 tahun dan juga sedang mengkalim melakukan sebuah uji coba. “Kapan tanggalnya pastinya belum bisa diumumkan. Namun, pastinya semau jaringan yang sudah dijangkau oleh Smartfren di dapat dari 4G LTE,” jelas Merza saat selesai meluncurkan 5 ponsel yang menggunakan 4G LTE.

Dari ke-5 ponsel pintar yang sudah menggunakan fungsi 4G tersebut diantaranya adalah Andromax Qi, Andromax R, Andromax Ec, dan juga Andromax Es. Ponsel tersebut telah diproduksi oelh Haier dan Hisenses serta mendukung GSM dan CDMA 4G LTE.
Andromax R memiliki harga 1,6 Juta rupiah dan untuk Andromax Qi seharga 1,3 Juta rupiah merupakan salah satu perangkat andalan dari smartfren. Khusus bagi Andromax Q system perangkatnya memakai Android yang sudah dikostumisasi dari pihak Cyanogen OS 12, merupakan salah satu perusahaan pengembangan dari piranti lunak dari Android yang telah diinvestasikan dari pihak Smartfren pada bulan lalu.
Smartfren sudah menunjuk dari Nokia dan juga ZTE sebagai produsen dari perangkat base transceicer station atau BTS guna sebagai infrastruktur dari fungsi 4G dengan investasi sebesar 400 juta dollar sampai 500 juta dollar.


Smarfren akan melakukan adopsi teknologi untuk fungsi 4G yang berjenis FDD pada spectrum frekuensi sekitar g nant850 MHz yang sudah mereka miliki, lalu TDD pada spectrum sekitar 2.300 MHz yang nantinya akan dihuni Smartfren diwaktu dekat ini yaitu setelah mendapatkan restu dari regulator demi hengkang dari spectrum sekitar 1.900 MHz.
Merza juga melanjutkan, bahwa fungsi 4G dari smartfren tersebut akan tersedia diseluruh daerah yang sudah ada jaringan smartfrennya.

Kelebihan 4G dibanding Jaringan Lainnya


Kelebihan 4G - Sekitar 10 tahun yang lalu kita sudah mengenal tentang sebuah teknologi 3G atau UMTS  yang sudah menjadi raja koneksi yang paling terpercaya dan juga paling kencang di masa-masa itu. Masa 3G untuk saat ini memang telah berlalu dan juga sudah digantikan dengan jaringan yang terbaru yaitu 4G LTE.
Jaringan 4G LTE ini juga baru saja datang ke Indonesia yang sudah dibawa oleh salah satu PT dan juga sudah menawarkan sebuah paket internet dengan menggunakan jaringan 4G LTE. Walaupun memang masih terbatas yaitu berada di sekitar Jabodetabek, namun koneksi tersebut sudah direncanakan akan menyebar di seluruh antero negeri.

Jaringan 4G LTE ini merupakan langkah terbaru dalam sebuah pengembangan dari jaringan seluler yang memberikan para penggunanya kecepatan data yang pastinya akan jauh lebih cepat dibandingkan dari data yang 3G.

Negara baru seperti di Negara Amerika Serikat dan juga Inggris juga sudah mencicipi dari jaringan 4G, sejak dari Oktober 2012 silam dan sudah menjadi jaringan internet yang standar di negera itu. Lalu, bagaimana jaringan 4G yang ada di Indonesia? Apa kelebihan 4G jika ada di Indonesia?.
Di negara yang maju yaitu di Inggris kelebihan 4G memiliki berbagai perbedaan dari band frekuensinya yaitu 2,6 GHz yang biasanya digunakan dalam perangkat mobile dan juga sangatlah cocok jika digunakan di dalam masyarakat kota dan yang 800 MHz biasanya digunakan bagi jaringan televisi internet.
Kemudian, bagaimana dengan negara Indonesia? Di Indonesia kelebihan 4G biasanya digunakan di jaringan 1800MHz biasanya yang sudah ditawarkan oleh Telkomsel yang berlaku bagi perangkat yang memang mendukung dari frekuensi 1800 MHz.

Baca Artikel menarik:

Walaupun di Indonesia masih trial hanya pada kawsan tertentu saja, namun kelebihan 4G nantinya akan bisa dinikmati oleh seluruh warga Indonesia dan semoga saja hal tersebut memang benar-benar terealisasikan.
Perlu anda ketahui juga kelebihan 4G bagi Negara yang memang terlambat menikmati dari jaringan tersebut adalah kita bisa terhindar dari beberapa perangkat percobaan untuk pertama kalinya dalam mencoba jaringan 4G ini. Jadi, anda tidak perlu gusar menjadi Negara yang memang terlambat dalam menikmati jaringan tersebut, karena kita tidak merasa frustasi dalam menjajal perangkat suatu percobaan dari beberapa pabrikan yang lain.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel