Blog Sederhana

Monday, September 21, 2015

Perbedaan Tumor dan Kanker

Perbedaan Tumor dan Kanker - Kanker dan tumor adalah dua buah penyakit yang sudah sering sekali didengar oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Tak hanya di kehidupan nyata, dua penyakit ini juga sering kali muncul dalam percakapan yang ada di dalam sebuah dram film atau sinetron Indonesia. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa tumor dan kanker adalah dua buah penyakit yang berbahaya dan dapat menimbulkan kematian bagi siapapun yang mengidap salah satu dari kedua penyakit ini.

Namun, ada suatu kesalahan pada pemahaman antara tumor dan kanker oleh masyarakat. Sering dijumpai orang yang tidak dapat membedakan mana yang kanker dan mana yang tumor. Dokterpun jarang memberitahukan antara kedua penyakit ini. Ya, memang dokter yang sedang memeriksa pasiennya belum tentu juga menjelaskan definisi dari penyakit tersebut, terkecuali kalau si pasien yang bertanya terlebih dahulu.

Ketika orang mendengar dokter mengatakan bahwa seseorang telah mengidap penyakit ini, sudah pasti si penderita atau keluarga dari si penderita akan shock dan bingung. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa tumor dan kanker adalah penyakit yang berbahaya. Berdasarkan hal tersebutlah, kedua penyakit ini adalah penyakit yang tidak ingin didengar oleh semua orang, dan harus dicegah mulai dari dini, dan apabila sudah terkena kedua penyakit ini harus segera ke dokter untuk diberikan penanganan khusus.

Perbedaan Tumor dan Kanker

Perbedaan Tumor dan Kanker

Kedua penyakit ini adalah penyakit yang sangat jauh berbeda. Akan tetapi, tak menutup kemungkinan bahwa kedua penyakit ini adalah penyakit yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Berikut ini adalah penjelasan terkait Perbedaan Tumor dan Kanker.

Tumor adalah suatu penyakit yang biasanya diidentifikasikan dengan benjolan (biasanya keras) yang dikarenakan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal.

Kanker adalah penyakit degenratif yang bersifat destruktif dan invansive yang dapat terjadi dengan identifikasi pertumbuhan kelompok sel yang tidak terkontrol sehingga membentuk sebuah benjolan.

Jika dilihat dari kedua definisi di atas, tumor dan kanker adalah penyakit yang diidentifikasikan dengan benjolan pada bagian tubuh (dapat di bagian tubuh manapun). Namun perlu digaris bawahi bahwa tumor belum tentu kanker. Akan tetapi, jika tumor yang berkembang adalah jenis tumor yang ganas, sel kanker dapat ditemukan pada tumor ganas yang berartikan bahwa pertumbuhan sel primer berubah menjadi sekunder sehingga bagian tubuh vitalpun dapat terserang.

Untuk mengetahui benjolan yang terdapat pada tubuh adalah tumor atau kanker dapat dilakukan pemerikasaan biopsi. Pemeriksaan biopsi adalah melakukan serangkaian tes pada sel jaringan tubuh yang sudah diambil oleh seorang dokter. Pemeriksaan ini juga dapat dijadikan sebuah pemerikasaan untuk mengetahuijenis tumor tersebut adalah tumor ganas atau tumor jinak.

Setelah benjolan tersebut sudah diketahui sebagai penyakit tumor atau kanker, segeralah untuk mengobatinya. Pada tahap pengobatan, antara tumor dan kanker juga sangat jauh berbeda. Pada tumor, metode pengobatannya dapat dilakukan dengan cara operasi pengangkatan tumor. Sebaliknya pada kanker, metode pengobatannya lebih lama, yakni dengan cara operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi.

 

Contact

Resources

Travel