Blog Sederhana

Monday, September 28, 2015

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil - Di lingkungan kita, di sekitar kita banyak sekali pohon-pohon yang tertanam, entah itu pohon besar maupun pohon kecil. Semua itu adalah ciptaan Tuhan kita semua. Di antara semua ciptaan Tuhan tersebut pastilah memiliki ciri-ciri yang dapat menjadi perbedaan dari yang lain, tentu juga agar mudah dipahami oleh manusia. Seperti pada akar tumbuhan dikotil dan monokotil, banyak faktor yang dapat membedakan kedua jenis tumbuhan ini.

Umumnya Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil dapat dilihat dari akarnya, yaitu pada tumbuhan monokotil memiliki akar yang menjulang hanya satu, sedangkan tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki akar menjulang lebih dari satu atau biasa disebut seperti serabut. Namun, itu hanyalah contoh kecil dari Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil yang dapat kita pahami. Tidak mungkin juga kita untuk mengetahui jenis tumbuhan dikotil atau monokotil, kita selalu harus mencabut akar dari tumbuhan tersebut. Tentu tidak. Maka dri itu, kali ini Saya akan memberikan beberapa penjelasan untuk membedakan kedua jenis tumbuhan tersebut.

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil


Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Dilihat dari Pola Daun

Untuk mengetahui tumbuhan dikotil atau monokotil, yang pertama yang biasanya dilakukan oleh seorang pelajar adalah dengan melihat pola daun yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Pada tumbuhan monokotil, pola daun yang dimiliki adalah sejajar. Sedangkan pada tumbuhan dikotil, pola daunnya menjari atau menyirip.

Dilihat dari Kelopak Bunga

Setelah melihat pola daun, langkah selanjutnya adalah melihat pada kelopak bunga. Melihat kelopak buga disini bukan tentang pola, akan tetapi tentang jumlah pla yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut. Pada tumbuhan jenis dikotil memiliki jumlah kelopak bunga adalah kelipatan lima. Sedangkan pada jenis tumbuhan monokotil, jumlah kelopak bunga yang dimilikinya adalah kelipatan tiga.

Dilihat dari Kandungan Batang

Bagian ini adalah bagian yang cukup sulit untuk membedakan tumbuhan monokotil dan dikotil, karena seseorang yang meneliti harus mengetahui tentang apa itu kambium. Kambium adalah sejenis lapisan merismatik pada lapisan sel-sel aktif tumbuhan yang memiliki fungsi pada pertumbuhan tmbuhan. Nah, pada tumbuhan dikotil, batn tumbuhannya sudah tentu memiliki kambium, tidak seperti tumbuhan monokotil yang sudah tentu tidak memiliki kambium.

Dilihat dari Akar

Langkah terakhir untuk memastikan jenis tumbuhan monokotil dan dikotil adalah dengan melihat pola akarnya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang, sedangkan monokotil memiliki akar serabut.


Nah, cukup mudah untuk mengetahui Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil, bukan? Ikutilah langkah-langkahnya mulai dari awal. Pastikan terebih dahulu tumbuhan tersebut adalah tumbuhan yang masih aktif, karena tidak mungkin kita akan melakkan riset pada tumbuhan yang sudah mengetahui kecuali dengan melihat jenis akarnya.

 

Contact

Resources

Travel