Blog Sederhana

Wednesday, September 9, 2015

cara mudah agar rumah tetap dingin tanpa AC Ruangan

Om I'ong

cara mudah agar rumah tetap dingin tanpa AC Ruangan

Dengan cuaca yang sangatlah panas seperti ini, paling enak ada didalam rumah yang dingin. Namun, bukanlah lantaran ada pertolongan alat pendingin, tetapi rumah itu dapat mendinginkan dianya. Ada cara - cara supaya rumah bisa dingin dengan sendirinya, tanpa ada pertolongan alat pendingin. Salah satunya yaitu :

cara mudah agar rumah tetap dingin tanpa AC Ruangan

1. Dengan atap rumput 

Bikin dak di lantai atas memanglah jadi salah satu langkah untuk membaca ruangan terbuka yang lebih di tempat yang termasuk terbatas. Tetapi, Anda mesti tahu bila beton bisa melanjutkan panas semakin banyak di banding atap genteng. Oleh karenanya, ruang yang ada dibawah atap beton bakal merasa panas. Nah, untuk mendinginkan ruang dibawah dak beton itu, umumnya beberapa arsitek bakal melapisi dak beton itu dengan rumput. Dengan kehadiran rumput itu, panas matahari bakal terserap hingga panas ruang bakal menyusut dengan sendirinya.

Lantaran letaknya diatas, konstruksi rumput sedikit lebih rumit di banding menanam rumput umum. Yang utama dalam memakai atap rumput ada 3 susunan yang butuh di buat diatas beton, yakni media tumbuh (tanah), rongga drainase serta susunan kedap air (waterproofing).

2. Dengan jendela rangkap 

Kita telah lama melupakan bentuk jendela rangkap, yaitu daun jendela yang berlapis dua. Design jendela ini umum didapati pada rumah-rumah lama, seperti bangunan tradisional atau rumah zaman Belanda. Dahulu orang bikin jendela seperti ini bukanlah lantaran trend saja, namun nyatanya ada fungsinya. Saat sebelum tehnologi AC diaplikasikan dirumah, beberapa arsiter memutar otak bagaimanakah bikin design jendela yang fungsional untuk daerah tropis.

Manusia memerlukan ada sinar alami sekalian aliran hawa ke rumah. Dua keperluan ini kerap bertentangan, bila jendela kaca digunakan untuk memasukkan sinar ia juga membawa panas disebabkan radiasi matahari serta memerangkapnya didalam rumah. Mengakibatkan rumah jadi panas. Sesaat apabila kita memakai jendela jalusi saja, didalam rumah condong jadi gelap. Oleh karena itu, beberapa desainer saat itu menjawab dilema ini dengan bikin design jendela rangkap. Umumnya jendela rangkap terbagi dalam jendela kaca dibagian dalam (arah bukaan ke) serta jendela jalusi di samping luarnya (arah bukaan ke luar).

Dengan jendela rangkap, waktu pagi serta siang hari saat matahari bercahaya, jendela jalusi dapat di buka hingga sinar masuk lewat kaca. Pada malam hari yang berlangsung yaitu demikian sebaliknya, yaitu jendela kaca di buka serta jendela jalusi ditutup. Dengan hal tersebut, ruangan didalam rumah terus membaca aliran hawa terus membaca aliran hawa serta terus aman lantaran tertutup. Nah, janganlah terbalik menempatkannya, lantaran peletakkan jendela diluar ataupun didalam ini mengemban manfaat semasing yang berlainan.

3. Dengan peletakkan ruangan yang tepat 

Langkah menempatkan ruangan dapat juga menolong terwujudnya kenyamanan suhu. Bagilah kesibukan dirumah jadi 2, yaitu kesibukan yang dikerjakan sore/malam serta pagi/siang hari. Letakkan ruang-ruang yang menyimpan aktivitas pada pagi/siang hari pada samping barat. Untuk ruangan aktivitas sore/malam hari baiknya ada di samping timur. Misalnya, letakkan dapur di segi barat lantaran kesibukan memasak umumnya dikerjakan waktu pagi/siang hari. Diluar itu, tiap-tiap bukaan baiknya ada pada segi utara serta selatan hingga sinar matahari tak masuk ke rumah dengan cara segera.

4. Dengan dinding pelapis 

Bila Anda mengambil keputusan akan tidak menggunakan alat pendingin seperti AC, jadi ada perlakuan yang perlu diaplikasikan pada dinding yang terpapar panas matahari. Ada bermacam langkahnya, umpamanya saja melapisi nyaris semua dinding di lantai atas serta beberapa di lantai basic dengan dinding berongga yang penuh dengan pot-pot diisi tanaman. Disamping itu dinding dalamnya yaitu dinding bata serta kaca-kaca lebar untuk memasukkan sinar.

Terkecuali juga sebagai pendingin, susunan dinding tanaman ini berperan sebagai penahan debu. Bila rumah tak ber-AC, jadi ada ruang-ruang yang di buka untuk memasukkan angin. Ini berarto debu dari luar rumah dapat turut masuk.

5. Dengan penangkap angin 


Inspirasi dasarnya yaitu bagaimanakah membuat keadaan supaya hawa bisa terus-terusan bersirkulasi. Hawa dapat bergerak lantaran ada ketidaksamaan desakan hawa (dari desakan tinggi ke rendah). Seseorang arsitek yang bernama Mukti Andriyanto bikin uji coba perihal perjalanan hawa di seputar rumah lewat cara membuat ketidaksamaan desakan hawa dalam serta luar, dan bikin ruangan kosong yang sempit serta panjang (lorong).

Angin condong bergerak dengan pilih celah-celah yang sempit. Ketidaksamaan desakan hawa yang mencolok pada luar ruangan (hawa di alam) serta didalam (hawa dirumah) dan ada celah penghubung keduanya berbentuk lorong yang memiliki ukuran 5, 1x1, 2x7m ini membuat siklus rotasi hawa dengan cara terus-terusan. Inilah yang mengakibatkan ruang-ruang senantiasa merasa sejuk. Sisi atas lorong di buat terbuka hingga atap (void) serta diatapi dengan bahan polycarbonate. Dinding dekat atap yang terkait dengan ruangan luar dibuatkan celah-celah vertikal sebagi lubang ventilasi. Angin dapat juga melalui lewat pintu di setiap ujung lorong. 

8 Cara Mudah Memperbaiki AC Split Ruangan

Ketidaksamaan yang mencolok pada desakan hawa luar ruangan (desakan rendah) serta desakan hawa didalam rumah (desakan tinggi) ini mengakibatkan angin seolah terhisap oleh lorong serta bergerak kencang lewat lorong. Langkah kerja ini sesungguhnya sama dengan exhaust fan, yaitu hawa panas diserap oleh mesin. Disamping itu, di setiap ruangan dibuatkan lubang-lubang ventilasi, pintu-pintu berjalusi, serta pintu yang memiliki bahan tak masif supaya angin dapat leluasa melaluinya. Prinsip gerakan angin ini bukan sekedar berlaku dengan cara horizontal, seperti pada lorong. Ruangan kosong yang sempit serta memanjang dengan cara vertikal (wind tower), seperti shaft, atau void, dapat juga bikin menggerakkan angin di seputar rumah. Ruangan dengan manfaat seperti ini kerap juga dimaksud penangkap angin.

6. Dengan ketidaksamaan suhu atas serta bawah 

Salah satu ciri-ciri hawa yaitu bergeraknya massa hawa pada ruangan yang mempunyai ketidaksamaan suhu. Hawa panas senantiasa bergerak ke atas, oleh karenanya yang dapat kita kerjakan yaitu membuat hawa dingin dibagian bawah ruangan supaya gerakan hawa bisa selalu berjalan. Anda bisa mengaplikasikannya lewat cara bikin bukaan ventilasi berjalusi dibagian bawah pintu, dan di segi dinding yang lain ventilasinya ada diatas. Atau Anda dapat juga bikin ukuran plafon yang tinggi lantaran hawa yang naik cuma ada diatas serta tak tentang badan manusia.

7. Dengan taman di dalam rumah 

Ruangan terbuka di dalam rumah/belakang rumah tidak cuma bertindak dalam menghijaukan rumah. Ruangan terbuka juga bermanfaat dalam menolong gerakan hawa di seputar rumah. Taman yang rimbun oleh tanaman serta pohon-pohon disebut-sebut dapat membuat iklim mikronya (iklim di dalams ebuah rumah serta seputar rumah itu) sendiri. Prinsipnya sama dengan penangkap angin, taman ditengah ruangan ini dapat memakai rotasi hawa, yaitu dengan membuat ada ketidaksamaan desakan hawa.

Desakan hawa didalam ruangan yang lebih tinggi dari pada taman bakal mengakibatkan rotasi hawa dalam rumah ke taman. Apabila hawa didalam mengalir ke luar jadi desakan hawa didalam turun serta bakal bikin hawa baru dari luar masuk untuk menggantikannya. Sistem ini berjalan terus-terusan hingga hawa didalam ruangan senantiasa bertukar dengan hawa yang baru.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel