Blog Sederhana

Saturday, September 19, 2015

Cara menangani kerusakan jet pum dengan mudah dirumah

Om I'ong

Cara menangani kerusakan jet pum dengan mudah dirumah

Cara menangani kerusakan jet pum dengan mudah dirumah: Langkah utamanaya adalah memeriksa pipa yang ada didalamn apakah ada airny atau tidak, jika didalamnya tidakada air atau ada namun tidak penuh, yang berarti bahwa fut kelepnya telah rusak atau mengalami kebocoran atau mungkin pipa sambungan ada yang bocor.


Tetapi jika air didalamnya pipa penuh. maka lihatlah pada ujung pipa untuk mengeluarkan air terdapat  gelembung udara atau tida, jika ada gelembung udara pada hal air dalam pipa penuh kemungkinan lainnya mungkin pada silnya mengalami kebocoran atu bisa juga pada ruang impelernya bocor/rembes, bisa juga pipa hisapnya ada yang mengalami kebocoran tau juga bisa terdapat pada sambungan pipa mengalami kebocoran. Tetapi dalam hal lain jika air dalam pipa penuh dan tidak ada gelombang udara, ada kemungkinan besar yang mengalami kerusakan adi di bagian impellernya, tutup impeller, ruang impeller, kerusakan pada impeller, ruang impeller, telah mengalami aus termakan usia atau aus yang mengalami gesekan. Ini disebabkan oleh pasir yang masuk atau ada debu, jika pompa air tersebut tidak berputar, maka langkah pertama periksalah pada instalasi listriknya, mungkin saja pada kabel ada yang terputus atau bisa juga pada saklar telah rusak, bila hal ini telah dicek ternyata instalasi tidak mengalami masalah maka selanjutnya cobalah periksa pada motornya lihat dari belakang dan kemudian putar-putarlah motor tersebut. Bila kita putar-putar tidak mau berputar atau berat untuk berputar ada kemungkinan ruangan impellernya penuh dengan kotoran atau juga jika sebelum pompa air mati suaranya mesin pompa air tersebut keras kemungkinan lakernya aus macet. Jika motornya diputar ringan namun tidakmau juga menyala atau berputar cobalah untuk memeriksa pada bagian kapasitornya. Jika langkah tersebut ternyata tidak ada masalah maka kerusakan terjadi pada sepulnya.

Tiga macam kerusakan pada spul

  1. Konsleting atau hubungan arus pendek
  2. Putus
  3. Terbakar
Jika spul mengalami konslet maka pada putaran motor akan menjadi lambat atu airnya tetap mengalir namun tidaklama kemudian akan mati dan tidak lama kemudian hidup kembali dengan sendirinya. Pada kondisi motor yang panas sekali. 

Jika spulnya terputus dan jika spul utamanya pompa air tetap tidak mau berputar, namun pada motor  akan ada  suara yang mendengung. Jika yang terputus  pada spul yang bukan utama dan jika pada pompa air dihidupkan dibantu dengan memutar motornya pompa air akan menyala dan mengalir airnya namun jika dihidupakan dan dimatikan kembali pompa air tidak akan hidup lagi. Hal ini seperti ini juga bisa terjadi  jika kapasitor mati atau melemah. Jika spul terjadi konslet listrik akan langsung mengalami anjlok bersamaan ketika pommpa air dihidupkan.

Ada Cara menangani kerusakan jet pum dengan mudah dirumah agar pompa air tetap awet dan juga tahan lama.



  1. Tempat pemasangan pompa air haruslah bersih dan terhindar dari debu dan juga hindarilah dari tempat yang lembab
  2. Bila mendapati hewan segeralah untukmembersihkan sekalipun hanya semut apali hewan seperti tikus, terkadang ada hewan seperti ulat berada di dalam pompa air tepat di kipasnya. dan biasanya pompa terbakar gara-gara sarang semut
  3. Jangan terkena air
  4. Jangan terkena sinar matahari secara langsung.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel