Blog Sederhana

Wednesday, September 9, 2015

8 Cara Mudah Memperbaiki AC Split Ruangan

Om I'ong

 8 Cara Mudah Memperbaiki AC Split Ruangan

AC atau pendingin udara telah jadi keperluan umum di beberapa daerah maupun di perkotaan dengan berudara panas. Karenanya ada AC jadi situasi jadi sejuk serta nyaman. Tetapi supaya AC bisa terus beroperasi maksimal butuh dikerjakan perawatan serta pemeliharaan pada AC itu. Untuk langkah perawatan serta pemeliharaan AC bisa dibaca di sini.

Walau sudah dirawat terkadang AC juga alami masalah hingga tak dingin. Untuk langkah melakukan perbaikan AC yg tidak dingin dapat dibaca di sini.

Kadang - kadang AC juga mengalami permasalahan lain. Juga sebagai misal AC bekerja dengan baik serta temperatur juga dingin, tetapi ada permasalahan yakni keluarnya tetesan air dari unit indoor AC. Tetesan air ini cukup mengganggu. Terkecuali bikin lantai di bawahnya jadi basah, dapat juga menyebabkan rusaknya bila menerpa beberapa barang di bawahnya, terlebih barang - barang elektronik.

Masalah tetesan air pada unit indoor AC ini umumnya berlangsung lantaran saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Pemicu lain yaitu lantaran berlangsung pengembunan yang terjadi pada ducting saluran AC.

Kesempatan ini cuma bakal dibicarakan masalah air menetes pada AC split tanpa ada ducting saja. Seperti dijelaskan terdahulu pemicunya yaitu lantaran saluran pembuangan air kondensasi tersumbat.

Untuk menangani permasalahan ini gampang saja yakni cukup saluran pembuangan air kondensasi itu dibikin bersih.

Berikut ini adalah langkah-langkah 8 Cara Mudah Memperbaiki AC Split Ruangan:

1.  Mematikan AC serta pastikan pada sumber arus listrik tidak terhubung.
2.  Jauhkanlah benda - benda dibawah unit indoor AC supaya leluasa serta tak mengenai tetesan air.
3.  Langkah selanjutnya yaitu membuka dudukan filter udara dengan cara melepas sekrup menggunakan Obeng plus. Posisi sekrup terdapat pada gambar berikut ini. Sekrup di bagian bawah tertutup cover plastik. buka covernya barulah membuka sekrupnya.
Posisi skrup pada cover ac


Untuk membuka cover plastiknya dengan cara dorong covernya dengan memanfaatkan  ujung obeng. Kemudian buka sekrup yang ada.

Kemudian buka juga dudukan filter udara caranya lepaskan terlebih dulu board display AC. Jadi Indoor AC bakal tampak seperti gambar berikut ini.


4.  Bersihkanlah pada sisi penampungan air kondensasi



5.  selanjutnya membersihkan lubang saluran air yang terdapat di bagian ujung penampungan air kondensasi. Anda dapat menusuk menggunakan kawat yang panjang atau dapat juga menggunakan lidi sapu bila pada lubang itu buntu/tersumbat.

6.  Tuangkan air ke penampungan air kondensasi di posisi kiri secara perlahan. Maksudnya yaitu untuk mengeluarkan sisa - sisa sumbatan yang ada pada lubang serta untuk mengetes apakah saluran pembuangan air ini sudah tidak tersumbat serta air tidak lagi menetes.
7.  Ulangilah langkah ke 5 serta 6 hingga di pastikan pada saluran pembuangan air sudah tidak tersumbat dan air juga tidak menetes.
8.  Bila stlangkah ke 7 usai, gunakan pasang kembali perangkat yang menjadi bagian - bagian AC yang dilepaskan lantas operasikan AC seperti biasanya. semoga bermanfaat


JJK: serviceactegal.blogspot.com

1 komentar:

Unknown said...

thanks infonya gan. mantab artikelnya salam kenal dari service ac sidoarjo

 

Contact

Resources

Travel