Blog Sederhana

Sunday, September 13, 2015

5 Keunggulan 5G Up To 10Gbps 0,45 Gbps Vs 10 Gbps era Internet of Things

Om I'ong

5 Keunggulan 5G Up To 10Gbps 0,45 Gbps Vs 10 Gbps 


Tahukah anda beberapa akhir-akhir ini media banyak memperbincangkan atas kemunculan teknologi yang akan datang yaitu 5G dan apa sajakah keungulannya? ini dia 5 Keunggulan 5G Up To 10Gbps.
Teknologi 5G ini mampu men-download rata-rata 10Gbps, ini barusaja salah satu dari beberapa kelebihan yang dimiliki di jaringan internet 5G. Sementara masih banyak keunggulan lainnya yang berkaitan dengan jaringan internet 5G.  Teknologi masa depan ini memang masih dalam penelitian, ujicoba, namun beberapa perusahaan terkait khususnya pada perusahaan yang membahas mengenai 5G di acara MWC Barcelona yang diadakan  pada  2-5 maret 2015 lalu, diantaranya Alcatel-lucent, Huawei, Ericsson dan Nokia "termasuk kerjasama dengan NTT Docomo", mereka telah mengatakan bahwa teknologi 5G akan menjadi konsumsi pengguna internet pada tahun 2020 yang akan datang.

Tentu saja, tidak hanya perusaan yang kami sebut diatas, ada banyak lagi perusaan besar yang mendukung penuh inovasi ini. Perusaan-perusaaan teknologi besar seperti samsung, Intel, ARM Holdings, Apple, Google juga pernah mengatakan ini. Yang paling jelas mungkin adalah Aamsung, CEO perusahaan tersebut memberikan "key note" ketika acara teknologi CES 2015 digelar pada Januari 2015. Samsung juga pernah melakukan Trial kecepatan 5G hingga mampu menghasilkan download up to 7,5 Gbps "Sumber Techradar".

Keunggulan Teknologi 5G

Hal terpenting 5 Keunggulan 5G Up To 10Gbps yang mengenai teknologi 5G yang merupakan generasi berikutnya dari internet 4G LTE lebih ditujukan untuk "Mengantisipasi"  pengguna internet yang diprediksikan mencapai 25 miliar pada tahun 2020 nanti. Sehingga perlunya inovasi untuk mengatasi banyaknya perangkat yang terhubung satu dengan yang lain melalui jalur nirkabel. Pada "white paper" Nokia, disebutkan beberapa persyaratan  kecepatan yang rata-rata pengguna harus 20Gbps untuk mewujudkan di era Internet of Things. Sementara itu, perusahaan Huawei, dan beberapa organisasi tentang perkembangan internet masadepan juga sepakat mengenai hal itu, mereka adalah ITU, China MIT-2020 dan masih banyak lagi.

Selanjutnya masri kita lihat 5 Keunggulan 5G Up To 10Gbps. Iniharus Anda ketahui untuk menmbah wawasan Anda menjelang peluncuran internet 5G pada tahun 2020 nanti. Sumber yang didapat dari Techardar, dikonfirmasikan oleh "White Paper" dari Nokia, Huawei dan Alcatel-Lucent. 5 Keunggulan 5G Up To 10Gbps antaranya yaitu :

1. Kecepatan 5G Up To 10Gbps Perdetik

Bayangkan Kecepatan 5G Up To 10Gbps Perdetik saja bagaimana sebuah perangkat mampu men-download film panjang penuh untuk smartphone Anda dalam hitungan 1 detik?!. bebar-benar menakjubkan. Benar sekali, 5G mampu mencapai 10Gbps.  Jika konversi kenilai GBps ( Bedakan antara Gbps dengan GBps, untuk mengetahuinya baca artikelnya disini. Cara menghitung kecepatan download Kbps to KBps), maka kecepatan tersebut = 0,2 x 10 Gbps= 2 GBps, yang artinya dalam saru detik Anda mampu mendownload data dari internet sebesar 2Gb. Hal ini akan terwujud di era tahun 2020.

Sebelummnya, perusahaan Samsung sudah menetapkan rekor Kecepatan 5G Up To 10Gbps Perdetik, kecepatan mobile hingga 7.5Gbps dalam uji coba 5G pada bulan Oktober 2014. Hingga dikatakan sebagai teknologi 5G yang harus mempunyai kecepatan rata-rata mencapai 10Gbps, atau 2Gbps. Hal itu juga telah diperhitungkan, bahwa pada kondisi rata-rata 10Gbps, maka untuk kecepatan transfer paling tinggi  akan mencapai 800Gbps.

2. Terciptanya inovasi era Internet of Things

Teknologi 5G ternyata sangat penting untuk mengatasi masalah besar yang kini menjangkit di perangkat yang terhubung satu sama lain. Beban bandwidth bekapasitas besar dari perangkat yang terhubung adalah masalah penting karena masalah era Internet of Things tersebut jika tidak diatasi maka akan menjadi kendala terbesar pencapaiannya era internet of Things (IOT) dan IoT sendiri merupakan proyek banyak negara dan perusahaan di dunia untuk memasarkan internet (termasuk juga program internet gratis di beberapa negara), sehingga pengguna internet berbayar akan lebih mengarah pada kedhidupan bisnis di dunia maya, termasuk bisnis cloud computing yang semakin marak sejak di perkenalkan di tahun 2000-an.
Bersiap-siap untuk melihat sensor di mana-mana, hal ini akibat dari teknologi 5G dan akan menjadi acara yang jauh lebih cerdas untuk perangkat dalam menggunakan internet dalam hal kesenangan ataupun bisnis.

Semuanya termasuk senseo untuk mesin cuci, mobile driveless, jalan akan semakin cerdas dengan menggunakan sensor yang melekat pada pohon akan bertukar data satu sama lain melalui jaringan internet setiap saat.

Perkiraan pada baru--baru ini, perusahaan riset analisis pasar produksi dan pengguna Gartner, tercatat lebih dari 25 miliar perangkat terhubung pada tahun 2020. Hal ini sekain menunjukkan betapa luasny jaringan internet dan untukmengatasi semua itu diharapkan pada teknologi 5G akan mengatasi masalah tersebut. Dan bahkan sesuai riset teknologi 5G akan membuat segalanya berjalan lancar.

Glasgow sudah meluncurkan sebuah proyek senilai £ 24.000.000 untuk menempatkan sensor pada lampu jalan dan lampu lalulintas yang terintegrasi dengan jaringan CCTV. Ini hanya awal dan ketika semuanya berkomunikasi satu dengan yang lain maka alat ini terhubung satu sama lain pada sebuah jaringan tanpa kendala, maka impian smart city tahun 2040-2050 an akan lebih cepat terpenuhi.

3. Peningkatan Pesat dalam kapasitas Bandwidth


Perangkat baru, berarti kebutuhan baru pula. Semua alat-alat itu juga berarti bahwa kapasitas akan menjadi salah satu kebutuhan terbesar. Dan bandwidth akan menjadi maslah ketika semua orang bersama-sama mengakses satu titik dan akhirnya tejadi "down". Teknologi 5G akan datang dan mengatasi masalah itu semua. Hal ini menurut perkiraan dari komunitas analis menganggap bahwa Teknologi 5G meiliki potensi untuk membawa kapasitas 1.000 kali lebih tinggi dari pada saat ini,. Vendor resmi yang berkecimpung dalam pembuatan infraktur sperti Huawei dan Alcatel-lucent menempatkan kapasitas di suatu tempat antara 100 dan 1.000 kali lebih besar dari kondisi saat ini.

Dengan adanya penanggulangan masalah bandwith maka 5G network bisa mengubah kehidupan kita dibanding transportasi, dimana katalain bisa beristirahat ataupun bersantai sementara mobile menyetir sendiri. Juga, dalam hal ini kasus abrakan lebih diminimalisir karena adanya sensor cerdas dari mobile itu sendiri, dan didukung bantuan konektivitas internet 5G yang akan menunjukkan navigasi secara Real-time dan ditambah lagi managemen lalu lintas jarak jauh internet 5G.

4. Teknologi 5G Tidak merusak dan Hemat Energi


Salah satu prediksi paling berani dari teknologi masa depan 5G bahwa akan menghilangkan semua masalah "Jaringan pecah", jaringan tanpa pecah yang berarti teknologi 5G tidak merusak peralatan.

Sebuah studi yang di rilis opleh Ericsson pertengahan tahun 2014, termasuk salah satu keunggulan teknologi 5G dari  teknologi 5G adalah mempunyai "Kedalaman yang sangat tinggi". Selain itu latency 5G diharapkan menjadi hanya satu milidetik (yang berarti 50 kali lebih cepat dari 4G).

5. Teknologi 5G adalah perubahan besar

Jika peningkatan antara teknologi internet 2G ke teknologi internet 3G dikatakan sangat signifikan atau disebut perubahan besar, maka perkembangan teknologi dari generasi ke-4 generasi ke-5 ini juga bisa dikatakan Signifikan. Hal ini tentu saja akan berppengaruh di kehidupan sehari-hari, seperti halnya etika akhlak si pengguna terutama si pengguna smartphone yang merupakan pengkatan drastis dari ponsel biasa (featured phone), satu contoh akibat dari perkembangan teknologi internet 3G.

Ingat bahwa 4G LTE mampu memberikan kecepatan maksimal saat mendownload hingga 450 Mbps. Untuk menyamakan dengan satuan Gbps, maka 450Mbps = 0,45Gbps. Dari sinilah tampak bahwa antara 4G LTE menuju ke teknologi generasi ke-5  5G sangatlah jauh, 0,45 Gbps Vs 10 Gbps .


Dengan kecepatan tersebut, perubahan pada pengguna mungkin akan lebih pada pemutar Video. Ya, menurut JANNA (perusahaan riset pengguna perangkat mobile), keunggulan teknologi 5G pengguna internet di seluruh dunia rata-rata 70% adalah pemutar video daripada membaca teks. Sehingga perkembangan pemutar video jenis HD ini, Mereka akan lebih memilih ke video dengan resolusi Ultra Full HD dan negara-negara majupun akan lebih ke video resolusi Ultra Full HD 4K dan disisi lain yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar akan memilih tampilan 8K UHD.

Itulah beberapa keunggulan 5G  wireless technology yang diperkirakan akan hadir pada tahun 2020. Beberapa sumber mengatakan bahwa Huawei dan mitra dari Eropa akan memperkenalkan keunggulan 5G pada acara World Cup 2018. Dengan yang demikian , Eropa (khususnya London, UK) akan menjadi wilayah pertama yang merasakan keunggulan 5G.

Apa yang nantinya didapat setelah teknologi 5G digelontorkan kepengguna internet adalah hal-hal yang sekali lagi seperti yang kami katakan diatas, keunggulan teknologi 5G dan kecepatannya yang signifikan 10 Gigabit per detik atau 2GB perdetik, hemat energi, tidak merusak, latency rendah, keunggulan teknologi 5G adalah merupakan persyaratan dari teknologi 5G. Dalam hal ini, secara nyata belum ada kabar tentang perkembangan lebih lanjut. Begitu juga investasi dari perusahaan terkait seperti Huawei dengan $600 B pada tahun 2014, percobaan Samsung yang mencapai 7,5 Gbps (rata-rata), telah menunjukkan bahwa apa yang mereka persyaratkan dan meraka lakukan ujicoba untuk teknologi 5G bisa dikatakan sebagai keunggulan 5G.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel