Blog Sederhana

Sunday, August 2, 2015

Perbedaan dari Mentega dan Margarin

Perbedaan dari Mentega dan Margarin - Halo semuanya, jumpa lagi bersama Selly Agashi disini. Ngomong-ngomong kemaren lebaran pada bikin kue apa ni? Kok Saya dikasih, Jahat!. Bicara soal kue, sobat disini semua pernah ikut bantu ibu dirumah ga? Kalo Saya sih sering. Kan Saya emang ibu rumah tangga hehehehe. Tapi, pernah kejadian, Saya sama ibu mertua Saya memperebutkan sebuah jawaban kepastian tentang mentega dan margarin. 2 jam berlalu kami sibuk memikirkan, “ini kue dikasih mentega apa margarin sih sebenernya?” Hahahaha alhasil bikin kuenya diundur. Kami harus pergi ke pasar untuk membeli mentega dan margarin. Di pasarpun kami bertanya sama si tukang jualannya, sebut saja Tukiyem.

Dengan lantang dan lihainya Tukiyem menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan detail antara 2 barang yang sedang kami ributkan. Berikut ini penjelasan dari Tukiyem tentang mentega dan margarin:

Antara mentega dan margarin memang sejatinya memiliki beberapa kesamaan yang membuat para penggunanya merasa bingung. Sama-sama memiliki warna kuning dan pekat. Kadang ada pula yang dibungkus dengan aluminium foil.

Mentega

mentega

Mentega (bahasa inggrisnya = butter) aslinya terbuat dari lemak susu hewan (bukan dari susu manusia) dengan campuran bahan-bahan seperti air dan garam. Air yang terkandung dalam garam inilah yang menyebabkan mentega lebih mudah meleleh daripada margarin. Jika dilihat dari warnanya, mentega cenderung memiliki warna yang pucat. Dengan bahan lemak susu hewani inilah membuat mentega memiliki aroma yang lebih tajam, tapi emulsi yang terkandung dalam mentega yang tidak begitu baik membuat tekstur-tekstur dari kue yang dibuat menjadi tidak kokoh. Sehingga, mentega ini lebih bagus untuk pembuatan kue kering, seperti nastar, kastengel, atau kue kering lainnya.

Margarin

margarin

Margarin aslinya terbuat dari lemak nabati dengan campuran garam dan bahan-bahan lainnya. Garam yang terkandung dalam margarinlah yang membuat margarin itu sendiri sudah memiliki rasa asin. Jika dilihat dari warnanya, margaring cenderung memiliki warna kuning yang lebih terang dan lebih menggoda daripada mentega. Tekstur margarin lembek. Biasanya margarin digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Akan tetapi, margarin lebih banyak mengandung kandungan vitamin A dan vitamin E.

Wah, Setelah mendengarkan penjelasan tersebut. Kami, Saya dan mertua Saya akhirnya sudah tidak mempeributkan masalah tentang margarin dan mentega lagi deh. Buat semuanya, makasih yah sudah mau membaca ulasan tentang Margarin dan Mentega dari Saya ini.

 

Contact

Resources

Travel