Blog Sederhana

Monday, August 24, 2015

Apa Maksud dari Fungsi Estetis dengan Fungsi Praktis pada Karya Seni Rupa?

Apa Maksud dari Fungsi Estetis dengan Fungsi Praktis pada Karya Seni Rupa? - Karya seni rupa adalah sebutan untuk semua benda atau barang yang dibuat oleh manusia, baik itu berupa guci, barang elektronik, baju, ataupun benda lainnya. Semua dari benda tersebut pastilah memiliki fungsinya sendiri sesuai dengan keinginan awal sang pembuat karya.

Nah, sebelum berbicara tentang fungsi estetis dan fungsi praktis, Saya akan sedikit membeberkan beberapa benda yang bisa disebut sebagai karya. Nantinya dengan melihat penjelasan dari beberapa benda berikut ini, Anda akan melihat lebih jelas makna tentang fungsi praktis dan fungsi estetis.

Apa Maksud dari Fungsi Estetis dengan Fungsi Praktis pada Karya Seni Rupa.png

1.  Graffiti - Graffiti adalah sebuah hasil karya seseorang melalui alat penulis seperti pensil, pulpen, pilok, cat, ataupun yang lainnya kepada suatu media sehingga menghasilkan gambar yang sangat menarik dan terlihat seakan-akan nyata ada atau yang biasa disebut dengan 3 Dimensi. Mayoritas orang, membuat sebuah gambar atau tulisan graffiti hanyalah sebagai hiasan tembok, pintu, atap rumah, buku, atau yang lainnya.

2. Lukisan - Lukisan sebenarnya hampir sama dengan graffti, sebagai hiasa. Namun, media untuk melukisnya biasa dengan satu kain yang sering disebut dengan kanvas.

3. Guci - Gusi bisa dibuat dengan menggunakan lempung sebagai bahan utamanya. Biasanya guci diletakkan di pojok rumah sebagai hiasan agar pojokan rumah bisa terlihat lebih menarik dan lebih hidup (tidak kosong).

4. Vas Bunga - Vas bunga, sesuai dengan namanya, benda ini adalah benda yan digunakan untuk meletakkan rangkaian-rangkaian bunga yang indah di atas meja tamu. Vas bunga sebagai meletakkan bunga, dan bunga sebagai penghias ruangan. Jadi, tidak ada yang bisa digunakan lagi dengan menggunakan vas bunga ini, kecuali untuk menimpuk teman.

5. Meja dan Kursi - Siapa sih yang tidak dengan meja dan kursi. Kedua benda ini hampir selalu bersamaan dengan fungsinya sebagai tempat duduk dan sebagai tempat meletakkan benda-benda milik kita.

6. Cangkir - Ada banyak sekali macam-macam cangkir dengan berbagai motif seni yang sangat luar biasa. Dengan sedikit coretan pada bagian lapisan luar cangkir, membuat cangkir tampak lebih indah. Namun, hanya ada satu fungsi cangkir, yaitu tempat untuk menuangkan air untuk diminum, seperti kopi, teh, jahe, ataupun minuman yang lainnya.

Dengan melihat 6 benda di atas, maka yang termasuk golongan karya seni yang memiliki fungsi estetis adalah benda nomor 1 sampai 4 dan karya seni yang memiliki fungsi praktis adalah benda nomor 5 dan 6.


Fungsi Estetis pada karya seni berarti karya seni yang memiliki fungsi hanya untuk keindahan saja, tidak bisa untuk membantu manusia.
Fungsi Praktis pada karya seni berarti karya seni yang memiliki fungsi selai untuk keindahan juga bisa igunakan untuk membantu pekerjaan seseorang.

 

Contact

Resources

Travel