Blog Sederhana

Monday, June 15, 2015

Perbedaan Stiker Cutting dengan Stiker Printing

Stiker adalah salah satu media bahasa untuk menunjukkan suatu jabatan, komunitas, label, atau hal lain yang bisa ditempelkan ke segala benda agar bisa dengan mudah dibaca oleh orang lain dan bisa menjadi terkenal.

Mungkin tanpa saya sebutkan pengertian dari stiker pasti sahabat blogger disini sudah mengerti semua. Sebenarnya bukan pengertian dan fungsi stiker yang akan saya bahas kali ini, melainkan 2 jenis stiker yang berbeda.

Dalam tahap pembuatan stiker itu ada 2 caranya, saya sering sebut dengan nama stiker printing dan stiker cutting.

Stiker printing

Stiker printing yaitu stiker yang hasil pembuatanya seperti sebuah cetakan dokumen di kertas biasa. Sedangkan stiker cutting yaitu stiker yang hasil pembuatanya berupa tonjolan tulisan.

Membuat desain stiker cutting juga berbeda dengan stiker printing. Jika pada stiker cutting semua desain harus berupa titik-titik yang menyambung dan tidak berwarna. Sedangkan pada stiker printing harus sudah dalam sebuah desain gambar, artinya harus sudah fix desainannya dan harus sudah diberi warna.

Membuat stiker cutting juga tidak boleh seperti stiker printing yang bisa seenaknya mendesain dengan tulisan-tulisan atau garis-garis yang sangat kecil. Karena jika terlalu kecil, maka mesin printer untuk membuat stiker cutting (namanya cutting plotter) tidak akan bisa mencetak garis-garisnya dengan sempurna.

Harga dari stiker printing lebih murah dari harga stiker cutting. Karena ada pengerjaan manual pada tahap pembuatan stiker cutting, yaitu tahap mengelupas bagian-bagian yang tidak penting di stiker tersebut, dan itu membutuhkan ketelanan dari dalam diri si penjual stiker.

stiker cutting

Jika anda ingin membuat stiker dengan warna yang bisa ditransparasikan maka anda tidak bisa membuat stiker tersebut dengan metode stiker cutting. Karena cetakan untuk membuat stiker cutting tersebut menggunakan bahan skotlait atau fosfor yang sudah berwarna.

Dengan perbedaan begitu maka sudah jelas hasil stiker cutting bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan hasil stiker printing.


Akan tetapi, jika memang anda ingin membuat stiker dengan warna gradasi yang bisa diatur2 dengan warna yang sangat banyak dan desain yang begitu rumit maka pilihlah stiker printing saja.

 

Contact

Resources

Travel