Blog Sederhana

Wednesday, June 17, 2015

Perbedaan Sistem Digital dengan Rangkaian Digital

Sistem digital dan rangkaian digital. Pernahkah anda mendengar dua hal ini ? apa sih yang terlintas di benak anda jika mendengar tentang sistem digital. Pasti sesekali di pikiran anda terlintas sebuah pikiran tentang jam digital. Ternyata bukan sekedar sampai situ saja. Maka dari itu, saya akan mencoba mengupas tentang apa sih sistem digital dan apa sih sistem analog pada pertemuan kali ini.

sistem digital

Sistem Digital.

Istilah digital telah menjadi bagian dari pengucapan kata-kata yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Sistem digital menjadi semakin luas pada hampir semua bidang kehidupan, mulai dari komputer, piranti otomatis, robot, ilmu dan teknologi kedokteran sampai kepada transpotasi, hiburan, penjelajah ruang angkasa dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Pengertian dari sistem digital merupakan sistem  elektronika yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk angka-angka.
Sistem digital terdiri dari beberapa rangkaian digital/logika, komponen elektronika, dana elemen gerbang logika untuk suatu tujuan pengalihan energi/tenaga.

Sistem digital mempunyai beberapa keunggulan, yaitu :
  1. Penyimpanan informasi lebih mudah.
  2. Ketelitian lebih besar.
  3. Operasi dapat diprogram.
  4. Lebih mudah untuk dirancang.
  5. Lebih tahan terhadap noise.
  6. Lebih banyak untai digital dapat dikemas dalam keping IC.


Rangkaian Digital.

Rangkaian digital/logika merupakan kesatuan dari komponen-komponen elektronika pasif dan aktif yang membentuk suatu fungsi pemrosesan sinyal digital sehingga komponen pasif dan aktif itu membentuk elemen logika. Bentuk elemen logika yang paling kecil adalah gerbang logika yang terdiri dari gerbang operasi AND, OR, dan NOT.

rangkaian digital


Dari wacana diatas dapat disimpulkan beberapa perbedaan yang ada didalam sistem digital dan rangkaian digital, yaitu diantaranya adalah :
  • Bagian-bagian sistem digital terdiri dari beberapa komponen digital, gerbang logika, dan komponen lainnya. Sedangkan rangkaian digital bagian-bagiannya hanya terdiri dari beberapa gerbang logika saja.
  • Pada output yang terjadi di sistem digital itu merupakan fungsi pengalihan tenaga. Sedangkan pada output yang terjadi di rangkaian digital itu sendiri merupakan fungsi pemrosesan sinyal digital.
  • Sistem digital mempunyai input dan output yaitu berupa tenaga/energi. Sedangkan pada rangkaian digital input dan uotputnya adalah sinyal digital.



Itulah beberepa perbedaan sistem digital dan rangkaian digital yang sangat sederhana dan mudah sekali untuk dipahami.

 

Contact

Resources

Travel