Blog Sederhana

Thursday, June 18, 2015

Perbedaan Format RAW dan Format NTFS Pada Hardisk

Apakah anda mempunyai hardisk, baik itu hardisk internal maupun hardisk external ? atau punyakah anda sebuah tempat menyimpan file atau dokumen, contohnya flashdisk, mmc, atau yang lainnya ?

Didalam sebuah tempat penyimpanan seperti itu mereka mempunyai sebuah format yang sering disebut dengan NTFS dan RAW. Jika anda sering mengutak-atik hardisk pasti anda paham, atau setidaknya anda sering melihat-lihat tulisan NTFS dan RAW di layar komputer anda. Lalu apa sih perbedaan dari kedua format tersebut ? lanjut saja, mari simak tulisan berikut ini.

format raw dan format ntfs

NTFS adalah singkatan dari New Technology File System. NTFS ini adalah sebuah sistem berkas dari Microsoft dalam kumpulan sistem operasi windows NT, yang terdiri dari Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7. Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibanding kelompok sistem berkas FAT.

RAW sendiri adalah bukan sebuah singkatan. RAW didalam bahasa inggris tersebut berarti mentah. Jadi, pengertian RAW adalah sesuatu benda/file/system yang belum diolah dan masih dalam kondisi alami,

Dilihat dari tulisan diatas saja sudah ketemu perbedaan NTFS dengan RAW, tapi ada perbedaan lain yang lebih inti lagi, yaitu :
  • NTFS bisa langsung digunakan. Sedangkan RAW tidak bisa langsung digunakan.
  • RAW adalah data yang masih mentah yang belum di kelola oleh komputer, Biasanya data system yang bisa diolah komputer berjenis FAT, FAT32 atau NTFS.
  • NTFS adalah desain baru yang memudahkan usernya utk mengatur akses utk siapa saja yg bisa mengakses sebuah direktori. Sedangkan untuk RAW tidak bisa di format dengan cara biasa harus menggunakan cara khusus.



Nah itulah sedikit perbedaan antara NTFS dan RAW yang bisa saya sampaikan. Ada yang perlu anda ingat, dalam artikel ini saya sedang berbicara tentang format NTFS dan RAW yang ada di dalam hardisk, bukan yang di dalam sebuah foto. Karena selain pada hardisk, format RAW juga ada yang ada pada sebuah foto. Mungkin untuk lain waktu saya bisa berbagi tentang format-format yang ada di dalam foto.

 

Contact

Resources

Travel