Blog Sederhana

Friday, June 12, 2015

Pengertian Lengkap Tentang Bus Sistem dan Bus I/O beserta Perbedaanya

Bus Sistem.

Bus sistem menghubungkan CPU dengan RAM dan mungkin sebuah buffer memori penyangga (cache L2). Bus sistem merupakan bus pusar. Sedangkan bus yang lain adalah merupakan pencabangan dari bus sistem.

Bus sistem ada di motherboard. Bus sistem dirancang sesuai dengan spesifikasi CPU. Teknologi prosesor menentukan ukurang bus sistem. Pada saat yang sama, teknologi sistem bus berkembang untuk meningkatkan kecepatan lalu lintas pada motherboard. Bus sistem yang semakin cepat memerlukan komponen-komponen elektronik yang cepat juga.

Bus Sistem dan Bus I/O

Awal mula pada CPU generasi keempat 80486DX2-50 kecepatan dua kali digunakan. Hal ini menyebabkan CPU dapat mempunyai frekuensi clock internal lebih tinggi. Frekuensi clock external, digunakan di bus sistem hanya setengah dari frekuensi internal.

BUS I/O.

Bus-bus PC merupakan jalan raya data utama pada sistem board. Bus pertama adalah bus sistem, yang mengubungkan CPU dengan RAM. Disebut juga bus lokal. Kecepatan dan lebarnya bergantung pada jenis CPU yang terpasang pada motherboard. Biasanya, bus sistem mempunyai lebar 64 bit dan kecepatan 66 MHz. Kecepatan yang tinggi ini menimbulkan beberapa gangguan elektronik dan masalah-masalah lainnya. Oleh karena itu, kecepatan tersebut harus dikurangi saat kita mengubungkan dengan kartu-kartu ekspansi dan beberapa komponen lainnya. Sangat sedikit kartu-kartu ekspansi yang dapat bekerja pada kecepatan lebih dari 40 MHz. Oleh karena itu, PC modern mempunyai bus-bus tambahan. Sedangkan komputer pribadi yang pertama hanya mempunyai satu bus, yang menghubungkan CPU, RAM, dan komponen-komponen I/O.

Bus sistem, menghubungkan CPU dengan RAM.
Bus I/O, menghubungkan CPU dengan komponen-komponen lainnya.

Pada intinya, bus sistem merupakan bus pusat. Sesungguhnya bus sistem berhubungan dengan bus I/O, seperti pada gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini tidak tepat benar, karena arsitektu yang sesungguhnya sangat umit, tetapi menunjukkan hal-hal yang penting, bahwa bus-bus I/O biasanya berasal dari bus sistem.

Bus Sistem dan Bus I/O


Lalu, apa yang dilakukan oleh bus I/O ? Bus I/O menghubungkan CPU dengan semua komponen yang lain, kecuali RAM. Data berpindah pada bus-bus I/O dari satu komponen ke komponen yang lain, dan data dari komponen-komponen lain ke CPU dan RAM. Bus I/O berbeda dari bus sistem dalam kecepatan. Kecepatannya akan selalu lebih rendah dari kecepatan bus sistem.

Ada 4 jenis bus didalam PC modern :
  • BUS ISA, merupakan bus kecepatan rendah yang tua, segera akan dikeluarkan dari rancangan PC.
  • BUS PCI, merupakan bus kecepatan tingi yang baru.
  • BUS USB (Universal Serial BUS), merupakan bus kecepatan rendah yang baru.
  • BUS AGP yang hanya digunakan untuk kartu grafis.



Telah disebutkan sebelumnya, bus I/O benar-benar merupakan perluasan pada bus sistem. Di motherboard, bus sistem berakhir pada chip kontroler, yang membentuk jembatan dengan bus I/O.

 

Contact

Resources

Travel