Blog Sederhana

Friday, May 29, 2015

Antara Orang China Dan Orang Indonesia

Setelah sempat saya membagikan tulisan tentang Gaya Hidup Orang Jepang Dan Indonesia. Kali ini saya akan membahas ke China.

Sudah banyak sekali orang China yang sekarang berdomisili dan menetap di Indonesia. Bahkan, hampir seluruh toko adalah orang China pemiliknya. Ada beberapa perbedaan di antara orang Indonesia dan China, sehingga orang china bisa berdagang dengan sukses di Indonesia. Mari simak tulisan berikut ini.


Uang Receh
Orang china tidak pernah meremehkan uang sekecil apapun. Ini tentu sangat berbeda jauh dengan orang Indonesia yang sering sekali membuang uang-uang receh. Padahal, jumlah dari uang-uang receh kecil itu sangat banyak dan bila semua uang receh dari awal dibuang itu dikumpulkan pasti sekarang sudah menjadi uang ratusan ribu yang banyak. Ingat itu, bersyukurlah dengan uang sekecil apapun.

Gaya Hidup Orang China
Orang Indonesia biasanya jika sudah sukses. Maka, gaya hidup mereka akan berubah 180 derajat. Dari yang biasanya biasa-biasa saja, ketika sudah sukses langsung membeli motor yang mahal, mobil yang mahal, gadget yang mahal, malu jalan sama teman lamanya. Akan tetapi, berbeda sekali pada orang China. Orang China ketika sudah sukses tidak pernah mengubah gaya hidupnya, mereka justru setia dengan gaya hidupnya yang sehat dan hemat itu.

Orang China bilang, jika anda ingin membuka usaha/ingin menjadi seorang wirausahawan. Maka, modal utamanya adalah sebuah niat dari dalam hati yang paling dalam dan keuletan mengerjakan usaha itu sampai sukses nanti, soal modal uang dan bakat itu belakangan. Sedangkan orang-orang Indonesia sangat khawatir dengan modal uang dan bakat yang mereka miliki jika mereka ingin membuka suatu usaha, tanpa memikirkan niat dan keuletan. Itulah sebabnya mayoritas usaha orang Indonesia hanya bertahan sebentar saja.
China
Didalam berdagang, orang China mayoritas orang China memposisikan diri mereka menjadi karyawan. Sedangkan di Indonesia, ketika mereka menjadi wirausahawan maka mereka akan menginjak-injak bawahanya. Saya tidak sedang bilang bahwa semuanya begini, tapi itulah yang saya tahu tentang perbedaan China dan Indonesia.

Dalam berbisnis, orang China tidak pernah ingkar janji dan selalu mengutamakan sebuah kwalitas dari bisnisnya. Bukan mengutamakan kwantitas saja.


Itu lah sedikit perbedaan antara orang China dan orang Indonesia yang saya ketahui sampai saat ini. Bila ada kesalahan mohon maafkan saya. Terimakasih.

 

Contact

Resources

Travel