Blog Sederhana

Tuesday, March 3, 2015

Cara sederhana membuat Kipas angin dengan memanfaatkan Power USB

Om I'ong

Cara sederhana membuat Kipas angin dengan memanfaatkan Power USB
Sebelumnya saya ingin berterimakasih kepada para pengunjung blog ini sekaligus saya
ingin memberikan kabar bahwa artikle ini adalah hasil report dari blog tetangga.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa USB memiliki daya listrik sebesar 5 Volt DC, lalu disini kita akan memanfaatkan sumberdaya tersebut untuk menggerakkan sebuah kipas angin,tentunya bukanlah kipas angin yang pada umumnya. Kipas angin ini kita buat dari bahan-bahan yang mungkin dianggap sudah tak layak di gunakan, tiadaklah selamanya bahwa barang - barang yang mungkin dianggap sudah tak layak pakai itu adalah sampah. Ketika anda pada saat bekerja di depan komputer yang berjam-jam tentu terkadang membuat anda gerah (panas) maka sebuah ide unik dlam artikel ini memberikan cara - cara untuk membuat kipas angin sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Langsung saja kita menuju Cara sederhana membuat Kipas angin dengan memanfaatkan Power USB. Bahan - bahan yang kita perlukan Sebagai berikut:



  1. Siapkan kabel USB, Bisa kita dapatkan dengan mudah di toko komputer atau mungkin kita bisa memanfaatkan kabel Printer USB atau bisa juga kita gunakan kabel tambahan jika kita membeli USB flash disk.
  2. Selanjutnya sediakan Selongsong,bisa kita gunakan bekas tissu,pipa PVC jug bolehlah..
  3. Monitor DC. Bisa kita gunakan bekas mainan anak - anak
  4. Sediakan Kabel Secukupnya
  5. Sediakan terminal kabel
  6. Kepingan CD bekas
  7. Gabus,bekas tutup botol
Jika kita sudah tetapkan atau kumpulkan bahan - bahan tersebut maka selanjutnya kita menentukan peralatan apa saja yang akan kita butuhkan.
 Alat - alat yang dibutuhkan :
  1. Lem
  2. Obeng
  3. Gunting
  4. Lilin
  5.  
  6. Kawat yang akan digunakan untuk melubangi, bisa juga digunakan bahan lain selain kawat
Langkah selanjutnya adalah langkah pembuatannya, yaitu sebagai berikut ini:
  1.  Pertama buatlah Pola sebanyak 8 gasi  pada CD, kemudian gunakan Gunting untuk menyesuaikan Pola.
  2. Selanjutnya panaskan menggunakan lilin,dengan cara menggoyang - goyang dan di pelintir
    Sehingga terbentuklah pola seperti kipas angin atau bisa lihat gambar berikut
  3. Selanjutnya kita melubangi tutup botol dengan menggunakan kawat
  4. Jika kita sudah sampai pada tahap ini maka tutup botol tersebut dimasukkan kedalam kipas yang telah kita buat tadi
  5. Kupaslah kabel USB dan kemudian potong kabel yang berwarna Hiau dan Putih, Sehingga yang akan tersisia adalah Kabel warna Merah dan Hitam. Kabel tersebut yang berwarna Merah ini adalah (+5V) dan yang berwarna Hitam adalah Ground (0V).
  6. Selanjutnya hubungkan kebel berwarna Merah  dan Hitam tersebut pada terminal kabel
  7. Masukkan kedalam selongsong yang sudah di sediakan kemudian pasang kabel
  8. Hubungkanlah dengan Motor DC, ingatlah bahwa kabel yang berwarna Merah ke positif (+5V) dan yang Hitam ke Ground (GND)
  9. Rekankan dengan menggunakan Lem ke CD. Digunakan sebagai dudukan  
  10. Pada tahap ini pasanglah kipas yang sudah kita buat
  11.  Ditahap akhir ini saatnya kita menguji hasil karya kita yang sederhana ini dengan cara menghubungkan Kabel USB tersebut ke Komputer dan selesai. Selamat mencoba!!..

33 komentar:

Mla aditya said...

Monitor Dc apa si bang

Om I'ong said...

Motor DC adalah motor yang digerakkan oleh energi listrik arus searah. adajuga yag mnyebutkan motor dc (dinamo)

jo ko said...

Harus pake terminal kabel ya bang??
,soalnya langsung ane tempelin ke motornya hasilnya nyandat" muternya

Fedrick Diego said...

Kalo ane ga mau pake kabel USB bisa? Jd ane langsung colok ke saklar colokan. Kira2 arus listrik di DC nya bermasalah ga nantinya, klo langsung colok ke saklar? Tq

Fedrick Diego said...

Kalo ane ga mau pake kabel USB bisa? Jd ane langsung colok ke saklar colokan. Kira2 arus listrik di DC nya bermasalah ga nantinya, klo langsung colok ke saklar? Tq

fedrico chrisnanda said...

Kalo langsung ke colokan gabisa gan. Yang ada malah itu motor meledak. Soalnya Motor DC menggunakan arus DC/searah. Sedangkan colokan itu arus AC 220V.. kalo mau langsung colok bisa usbnya disambung ke adaptor, bisa dari charger hp juga.

fedrico chrisnanda said...

Kalo langsung ke colokan gabisa gan. Yang ada malah itu motor meledak. Soalnya Motor DC menggunakan arus DC/searah. Sedangkan colokan itu arus AC 220V.. kalo mau langsung colok bisa usbnya disambung ke adaptor, bisa dari charger hp juga.

Unknown said...

Bisa gak pkeee powerbank?

Om I'ong said...

Bisa kok dengan cara memanfaatkan powerbank

Marthyn Zhu said...

Motor DC yang benar. DC (Direct Current) atau Arus Searah.. jadi motor yg hanya bisa dijalankan oleh listrik Arus Searah atau dgn kata lain yang ada kutub plus (+) minus (-) nya (Contoh : dinamo tape, tamiya, dll).

Om I'ong said...

Terimakasih sdah di benarkan.

Iqbal Ahyadi said...

Cara masang cork nya gimana

Iqbal Ahyadi said...
This comment has been removed by the author.
Iqbal Ahyadi said...
This comment has been removed by the author.
Iqbal Ahyadi said...

Kalau pakai bahan selain corl sama selongsong bisa nggak

Iqbal Ahyadi said...

Tolong jawaban cepatnya

Iqbal Ahyadi said...

Cepet woiiiii

Om I'ong said...

Bisa,jika tnpa selongsng gunanya dsini lebih rapi jika menggunakan selongsong, seperti bahan2 yg sdah di sediakan. Mungkin bsa dgnakan dngan bahan lain atau sejenisnya sesuai kreasi kamu

Iqbal Ahyadi said...

Cepet woiiiii

Iqbal Ahyadi said...

Di bagian lubang cd bekas nya itu di beri apa biar bisa berputar di dekat dinamo

Iqbal Ahyadi said...

Tolong cepet jawabnya

Syamsiati Pratiwi said...

Terminal kabelnya beli dimana?

Syamsiati Pratiwi said...

Tolong cepat

Syamsiati Pratiwi said...

Tolong cepat

Syamsiati Pratiwi said...

Terminal kabelnya beli dimana?

Dark N-ega-taros said...

Itu kabel (bukan kabel usb) fungsinya buat apa ya?

Unknown said...

Plus mines pada dinamo tamiya yang mananya ya

Hardy Wijaya said...

ane dlu pernah nyolokin motor bekas mobilan tamia ke saklar rumah bisa kok puteran nya mantapp banget.. tp klo pake baterai abc yg kecil putaran nya biasa aja

Novita Rahma said...

Makasih buat artikelnya bagus dan bermanfaat banget
Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

Rini Nur Aridiann said...

kak mau nanya, kalau usb nya yang dipake usb biasa yang dari hp ke komputer buat gantiin usb komputer bisa gak ya? thanks before

Dewi Aja said...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

ivan wirahandi said...

ijin kopas mhanx

indar vinaya said...

jual motor dc:
http://motordcjogja.blogspot.co.id/2017/01/motor-dc.html

 

Contact

Resources

Travel