Blog Sederhana

Tuesday, February 3, 2015

Persamaan Novel Dan Cerpen



Setelah saya pernah membagikan tulisan tentang Perbedaan Cerpen dan Novel. Akan tetapi, selain kedua karya sastra ini memiliki perbedaan, ternyata juga mempunyai banyak sekali persamaan-persamaan yang sangat menonjol dan menarik sekali untuk dibahas. Apakah anda pernah membaca cerpen ? atau pernahkah anda membaca suatu novel ? jika ya, sudahkah anda ketahui persamaanya ? jika belum, mari saya ajak anda untuk mengetahui beberapa perbedaanya disini, di agashi86.blogspot.com.

Jika anda ingin membaca dahulu perbedaan antara dua karya sasta ini, silahkan klik disini. Namun, jika anda ingin langsung membaca artikel ini maka simak tulisan-tulisan saya berikut ini.

Cerpen dan novel merupakan sebuah dua karya sastra yang menggambarkan sebuah peristiwa estetik yang menggunakan media bahasa/kertas/tulis, yang ditulis menggunakan nilai-nilai estetika sehingga bisa dinikmati oleh pembaca.

Didalam sebuah cepen maupun novel mempunyai pesan moral yang bisa diambil hikmahnya bagi para pembaca yang mengerti dan bisa memahami cerpen dan novel itu sendiri.

novel


Antara cerpen dan novel ini adalah sama-sama sebuah karya sastra yang fiksi, pandulum antara realitas dan imajinasi.

Setelah membaca beberapa cerpen dan novel saya menemukan sebuah persamaan, yaitu sama-sama dibaca untuk pelipur lara, hiburan, percintaan, atau pembangkit semangat juang.

Keduanya mempunyai unsur intrinsik.

Cerpen dan novel merupakan contoh hasil karya satra prosa modern.

Cerpen dan novel menggunakan bahasa yang memiliki arti sebenarnya. Tidak seperti puisi.

Sama-sama memiliki ritme yang bebas.

Keduanya menceritakan tentang objek dan subjek yang berada di tengah-tengah antara realitas dan fantasi.

cerpen

Keduanya sama-sama mempunyai alur cerita.

Sama-sama memerlukan sebuah imajinasi untuk membuatnya.

Sungguh menarik, bukan ? ternyata di dalam sebuah karya sastra cerpen maupun novel, keduanya memiliki kesamaan-kesamaan yang menarik untuk diketahui.

Selamat malan para pengguna sosial media. Sampai disini dulu perjumpaan dihari ini. Semoga artikel-artikel yang saya bagikan pada hari ini berguna dan membantuk untuk anda semua. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar bila sekiranya anda kurang cocok atau anda ingin menambahkan artikel yang sudah saya bagikan pada hari ini.

0 komentar:

 

Contact

Resources

Travel