Blog Sederhana

Tuesday, February 3, 2015

Perbedaan Kebutuhan Dan Keinginan



Kebutuhan dan keinginan merupakan dua belah pihak yang saling bertentangan satu sama lain. Dalam kata lain kebutuhan dan keinginan adalah dua unsur yang sangat jauh berbeda.

Kebutuhan adalah semua barang ataupun jasa yang dibutuhkan manusia demi menunjang segala aktivitas dalam kehidupan sehari-sehari manusia tersebut. Agar manusia hidupnya lebih sejarhtera, damai, dan tentram maka segala kebutuhannya haruslah dipenuhi. Sebab, kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupan sehari-sehari.

rumah


Sedangkan keinginan adalah segala barang ataupun jasa yang dibutuhan setiap manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang dianggap kurang. Sesungguhnya jika keinginan tidak segera dipenuhi maka tidak akan berpengaruh pada kesejahteraan, kedamaian, dan ketentraman manusia.
motor gede

Beberapa ini adalah beberapa contoh dari kebutuhan dan keinginan yang kerap melanda kehidupan manusia :

Pakaian adalah sebuah bentuk kebutuhan yang sangat diperlukan manusia dalam kehidupan sehari-hari, bayangkan saja jika manusia tidak memakai pakaian dan berjalan-jalan di setiap sudut kota yang ramai dengan manusia lain. Sebenarnya pakaian yang biasa saja sudah cukup bagi manusia, tapi kadang-kadang manusia ingin pakaian yang lebih bagus dari manusia lain. Jadi, pakaian adalah kebutuhan sedangkan pakaian bagus adalah keinginan.

Misalkan saya mempunyai warung jajanan kecil dirumah dan saya memasang satu buah televisi di warung agar tidak jenuh. Keinginan memasang sebuah televisi di warung merupakan sebuah bentuk keinginan yang tidak harus dilakukan. Karena, sebuah warung tidaklah harus ada sebuah televisi.

Rumah juga merupakan kebutuhan untuk berteduh dari segala mara bahaya di kehidupan yang indah ini. Dan agar rumah terlihat lebih hidup, maka rumah diisi dengan perabotan-perabotan misalnya kasur, lemari, sapu, piring, sendok, dan lain sebagainya. Selagi perabotan itu digunakan sesuai dengan fungsinya maka perabotan itu masuk dalam kategori kebutuhan. Namun, lain halnya jika perabotan itu tidak digunakan sesuai dengan fungsinya dan hanya sebagai pelengkap rumah saja maka perabotan itu termasuk lah dalam kategori keinginan saja.


Mobil juga bisa hanya menjadi keinginan belaka hawa nafsu belaka. Ada orang yang mempunyai mobil dan tidak pernah menggunakanya sama sekali.


Motor adalah sebuah kebutuhan bagi beberapa manusia. Tapi, ada sebagian manusia yang merombak motornya agar terlihat lebih indah dan lebih garang.



Itulah beberepa perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Setelah anda membaca artikel itu, segeralah anda penuhi kebutuhan anda dan buang semua keinginan yang tidak perlu anda punya dan tidak perlu anda beli.

 

Contact

Resources

Travel