Blog Sederhana

Wednesday, February 4, 2015

Perbedaan Gaya Hidup Orang Indonesia Dengan Orang Jepang

Kenapa sih orang Jepang terkadang umurnya bisa lebih panjang ? kenapa sih orang-orang Jepang lebih terlihat pintar di mata dunia ? ada beberapa referensi yang sudah saya baca didalam perbedaan gaya hidup orang jepang dan orang indonesia. Tidak hanya itu saja, orang jepang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi.


Perlu diingat bahwa ada beberapa gaya hidup orang Jepang yang bisa ditiru untuk melanjutkan kehidupan sehari-hari yang lebih maju, dan tentunya lebih baik daripada sekarang.

1. Dilihat dari segi makan/makanan.

Setelah selesai makan, orang Jepang hanya mengkonsumsi 48,8 gram gula per hari, berbeda dengan negara-negara lain contohnya di Indonesia, banyak orang Indonesia yang melakukan acara makanan penutup dengan menghisap satu batang rokok yang isinya hanya sebuah zat-zat berbahaya yang sesungguhnya tidak baik bila dikonsumsi untuk tubuh. Agar terhindar dari diabetes, orang Jepang memilih hidangan pencuci mulut dengan teh hijau (ocha) dan buah-buah.
rokok

Dalam peraturan makan sehari-hari orang Jepang tidak pernah menunggu mereka sangat kenyang terlebih dahulu, ataupun sangat kelaparan terlebih dahulu. Orang Jepang memegan teguh prinsip “makanlah sampai perutmu 8/10 bagian”, atau dalam bahasa Jepang ialah “hara hachi bu”.

Mayoritas orang Jepang lebih terlihat seksi, langsing, dan sehat. Kenapa ? Karena orang Jepang terbiasa makan dengan perlahan, karena makan dengan perlahan akan membantu alat pencernaan tubuh lebih mudah dalam memproses/mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh.
sushi

Orang Jepang mempunyai banyak sekali menu-menu makanan yang disajikan dalam bentuk yang masih mentah. Itu semua karena orang-orang Jepang anggap, jika makanan terlalu lama diolah (digoreng, direbus, ditumis, dll) maka akan mengurangi kadar zat-zat gizi yang terkandung dari setiap makanan yang diolah tersebut. Sedangkan Orang Indonesia lebih mencintai makanan-makanan yang sudah diolah (digoreng, direbus, ditumis, dll). Contohnya, orang Indonesia lebih menyukai gorengan bakwan, dage, dll. Banyakkan zat gizi yang terkandung di dalam bakwan atau dage ?? hmm, saya juga tidak tahu.

Orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar, dan tofu. Karena, didalam makanan tersebut ternyata terkandung isoflavon yang tinggi yang bisa membantu daya tahan tubuh.
tofu

Orang Jepang juga sangat suka dengan makanan-makanan yang berasal dari laut. Contohnya, rumput laut, dan ikan laut. Karena didalam masing-masing makanan dari laut ini mengandung zat antioksidan dan kandungan asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pastinya, bukan ikan petek, seperti yang dikonsumsi orang Indonesia.
rumput laut

2. Dilihat Dari Pola Hidup.

Orang Jepang adalah orang-orang yang berkompeten, pekerja keras, mempunyai disiplin yang tinggi. Namun, disela-sela kesibukan semua itu orang Jepang selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat. Tidak seperti Indonesia, yang bekerja seharian full “digembleng” oleh bosnya.

Berbeda dengan orang Indonesia, orang Jepang lebih memilih cinta pada produk makanan yang menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. Sedangkan Indonesia, senang sekali dengan cemilan-cemilan seribu perak, belinya 20 bungkus dan dimakan dalam satu jam.
orang jepang

Dan satu perbedaan lagi. Orang Jepang lebih menyukai berjalan kaki dalam menjalankan segala aktivitas yang keluar rumah. Sangat berbeda dengan orang Indonesia yang lebih memilih gaya-gayaan menggunakan sepeda motor kemana-mana, dampaknya juga akan mengakibatkan kemacetan dijalan.

 

Contact

Resources

Travel